8 Balon Perseorangan Nyatakan Siap Maju

Metro-91 hit 16-01-2020 16:54
8 Balon Perseorangan Nyatakan Siap Maju
8 Balon Perseorangan Nyatakan Siap Maju

Penulis: Administrator | Editor:

Padang - Pilkada serentak 2020 di Sumbar kali ini mulai diminati bakal pasangan calon (balon) dari jalur perseorangan. Ini dikemukan Anggota KPU Sumbar Izwaryani saat diskusi dengan sejumlah wartawan di sebuah Cafe di Kota Padang, Kamis sore (16/1).

"Pilkada serentak di Sumbar kali ini terbilang cukup ramai diikuti oleh bakal calon perseorangan baik untuk kabupaten kota maupun provinsi," kata Izwaryani.

Pada pilkada 2014 lalu, sebut Izwaryani, hanya satu calon perseorangan yang ikut saat itu, yakni pasangan yaitu Ramlan Nurmatias-Irwandi untuk Kota Bukittinggi.

Baca Juga

"Tapi kini ada delapan bakal pasangan calon yang akan ikut. Ini dibuktikan dengan adanya delapan LO dari masing-masing bakal pasangan calon ini yang mengambil passwaord sistem pencalonan (Silon) ke KPU di daerah mereka masing-masing," terang Izwaryani. (lebih lengkap lihat grafis)

Mengenai jumlah dukungan bakal calon perseorangan yang akan maju, sambung Izwaryani berbeda-beda jumlahnya di masing-masing kabupaten kota termasuk di provinsi.

Misalnya untuk tingkat provinsi (gubernur) minimal dukungan yang diberikan bakal calon perseorangan yakni sebanyak 316.051 dukungan KTP.

"Artinya, jumlah dukungan itu minimal 10 persen dari jumlah DPT masing-masing daerah dengan sebarannya 50 persen plus satu dari jumlah kecamatan yang ada, sedangkan untuk provinsi 50 plus satu kabupaten kota sebaran dukungannya," tukas Izwaryani. (amz)

Komentar