Genius Akan Kembangkan Program Sakasaja ke Level Provinsi

Metro-188 hit 04-12-2020 15:44

Penulis: Arzil

Padang, Arunala - Calon Wakil Gubernur Sumbar Genius Umar menilai, program Satu Keluarga Satu Sarjana (Sakasaja) yang sudah dijalankan Genius di Kota Pariaman sejak dua tahun belakangan, akan dia wujudkan untuk tingkat Sumbar.

Ini disampaikan Genius yang berpasangan bersama Fakhrizal sebagai Calon Gubernur Sumbar untuk pemilihan gubernur (Pilgub) pada Sumbar pada 9 Desember nanti, kepada media di Padang, Kamis malam (3/12).

"Saya optimistis program satu keluarga satu sarjana ini bisa direalisasikan di Sumbar bilamana saya bersama pak Fakhrizal terpilih sebagai gubernur dan wakil gubernur," kata Genius Umar.

Baca Juga

Alasan dia program Sakasaja bisa dikerjakan untuk tingkat provinsi karena program ini sebelumnya sudah dilaksanakan di Kota Pariaman selama dua tahun belakangan ini.

Dalam satu tahun pertama, imbuh Genius, Kota Pariaman sudah mengirimkan 100 orang anak-anak dari Kota Pariaman belajar di Politeknik Negeri Padang (PNP).

"Meski APBD kota sangat kecil namun bisa laksanakan program ini, apalagi APBD Sumbar itu lebih dari Rp7 triliun, saya yakin program ini bisa dikerjakan," kata Genius Umar.

Dengan program Sakasaja, dirinya ingin memutus mata rantai lingkaran setan kemiskinan di Sumbar.

Warga miskin yang tak terpikirkan untuk menguliahkan anaknya karena ketiadaan biaya, bisa dikuliahkan secara gratis melalui program Sakasaja.

"Selain itu, dengan leadership yang dimiliki Pak Fakhrizal, yang In Syaa Allah terpilih sebagai Gubernur Sumbar, maka kami bisa melakukan sharing dengan pemkab dan pemko di Sumbar, sehingga nanti banyak anak-anak di Sumbar yang tidak mampu, bisa di sekolahkan negara ke level perguruan tinggi seperti PNP," Genius menjelaskan.

Di sisi lain, meski masih ada paslon gubernur dan wakil gubernur merasa pesimistis dengan program Sakasaja karena tidak bisa dikerjakan melalui anggaran, padahal menurut Genius hal itu bisa dikerjakan.

"Kan kita menggenal anggaran yang namanya pro poor bugjet, yakni anggaran yang harus pro kepada orang miskin. Itu lah gunanya pemerintah, dan bila kami terpilih sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar pasca pemilihan nanti, saya akan siapkan program Sakasaja yang lebih komprehensif mengingat cakupnya level provinsi," kata Genius Umar.

Komentar