KPU Payakumbu Musnahkan 380 Lemba Surat Suara Rusak

Metro- 08-12-2020 16:18
Wawako Erwin Yunaz, KPU, Bawaslu dan Forkompimda Kota Payakumbuh saat memusnahkan surat suara rusak dan berlebih di gudang logistik KPU kota setempat, Selasa (8/12). (Foto : Arzil)
Wawako Erwin Yunaz, KPU, Bawaslu dan Forkompimda Kota Payakumbuh saat memusnahkan surat suara rusak dan berlebih di gudang logistik KPU kota setempat, Selasa (8/12). (Foto : Arzil)

Penulis: Arzil

Payakumbuh, Arunala - Sebanyak 380 lembar surat suara pemilihan gubernur (Pilgub) Sumbar 2020 yang rusak dan berlebih dimusnahkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Payakumbuh, Selasa siang (8/12).

Pemusnahan yang dilakukan di halaman gudang logistik KPU Kota Payakumbuh di Jalan Rasuna Said di kota itu, disaksikan Wakil Wali Kota Payakumbuh Erwin Yunaz, Kepolisian, Bawaslu, dan Forkompimda setempat.

"Total surat suara yang dimusnakan sebanyak 380 lembar. Rincian sebanyak 296 lembar surat suara yang berasal dari hasil sortiran pengiriman pertama, lalu ditambah dari hasil sortiran surat suara kiriman kedua sebanyak 84 lembar," kata Ketua KPU Kota Payakumbuh Haidi Mursal kepada Arunala.com di Payakumbuh, Selasa (8/12).

Baca Juga

Dia menyampaikan sesuai aturan, wajib dimusnahkan surat suara yang rusak dan berlebih, sebelum hari H pencoblosan.

Untuk surat suara yang rusak itu, terang Haidi, merupakan surat suara yang rusak karena mengkerut, robek atau tintanya tidak merata sehingga merusak keutuhan surat suara tersebut.

Haidi menyampaikan untuk Pilgub Sumbar 2020 ini terdapat 246 Tempat Pemungutan Suara (TPS) dengan jumlah 93,671 pemilih yang tersebar di lima kecamatan di Kota Payakumbuh.

Sementara di hari yang sama, lanjut Haidi, KPU setempat juga memulai pendistribusian logistik Pilgub ke seluruh kantor lurah dan terakhir sampai ke TPS.

"Untukpendistribusian logistik ini, kami kerja sama dengan PT Pos Logistik Indonesia," kata Haidi.

Dikatakannya, lokasi TPS di wilayah Kota Payakumbuh, tidak ada yang rumit atau sulit dijangkau.

"Karena itu kami pastikan, hari ini (Selasa, 8/12) semua logistik pilkada sampai di TPS," tukas Haidi Mursal.

Waka Polres Payakumbuh Kompol Jerry Syahrir yang menyaksikan pemusnahan mengatakan Polres Kota Payakumbuh siap lakukan pengamanan pendistribusian logistik serta pengamanan TPS.

"Dalam pengamanan Pilkada ini, anggota Polres akan melakukan pengaman melekat mulai dari pendistribusian, pengawalan TPS hingga pengawalan kembalinya kotak suara ke KPU Kota Payakumbuh," ujar Kompol Jerry.

Hal lain dia sampaikan, personel Polres Kota Payakumbuh juga melakukan pengamanan sebagian TPS di wilayah Kabupaten Limapuluh Kota, mengingat ada beberapa TPS di kabupaten itu yang masuk wilayah pengamatan Polres Kota Payakumbuh.

Komentar