Yanuk: Logistik Sudah Selesai Didistribusikan

Metro-218 hit 12-12-2020 22:01
Petugas PPS di TPS 12 Birugo, Kecamatan Aur Birugo Tigo Baleh, Kota Bukittinggi menyiapkan TPS untuk PSU, Sabtu (12/12). (Dok : Istimewa)
Petugas PPS di TPS 12 Birugo, Kecamatan Aur Birugo Tigo Baleh, Kota Bukittinggi menyiapkan TPS untuk PSU, Sabtu (12/12). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Padang, Arunala - Minggu (13/12) ini, sebanyak 12 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di sembilan kabupaten kota di Sumbar melaksanakan pemungutan suara ulang (PSU) pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar, maupun pemilihan bupati/wakil bupati dan wali kota/wakil wali kota dearah bersangkutan

Pelaksanaan PSU di belasan TPS itu atas hasil rekomendasi Bawaslu Sumbar dan jajarannya pasca pemungutan suara di pilkada serentak 2020 yang dilakukan di Sumbar, Rabu (9/12) lalu.

Bakal dilaksanakannya PSU di 12 TPS itu dibenarkan Ketua KPU Sumbar, Yanuk Sri Mulyani saat dihubungi Arunala.com , Sabtu malam (12/12).

Baca Juga

"Saat ini KPU di tempat TPS yang akan melakukan PSU sudah menyiapkan segala logistik yang dibutuhkan esoknya (Minggu, red). Adapun proses pendistribusian logistik itu sudah kami lakukan sejak Jumat kemarin," kata Yanuk.

Guna memastikan logistik untuk PSU itu benar-benar aman dan lengkap, sebut Yanuk, pihak KPU Sumbar langsung mengawasi pendistribusiannya ke masing-masing KPU kabupaten kota termasuk meninjua langsung lokasi TPS yang akan digunakan untuk PSU nanti.

"Logistik yang kami distribusikan bukan hanya surat suara pemilihan gubernur dan wakil gubernur saja, namun ada logistik lainnya kotak suara, berbagai formulir yang berhubungan dengan pilgub serta logistik menyangkut penerapan protocol kesehatan bagi petugas KPPS yang akan laksanakan PSU," ujar Yanuk lagi.

Dihubungi terpisah, Sekretaris KPU Kabupaten Agam Adli Mulyadi menyebutkan pihak KPU di daerah itu sudah menerima logistik untuk PSU sejak kemarin.

"Logistik yang kami terima diantaranya surat suara pilgub Sumbar 2020, surat suara pemilihan bupati/wakil bupati, berbagai formulir pendukung, kotak suara dan lainnya," kata Adli Mulyadi.

Untuk surat suara lanjut dia, sudah dilakukan proses sortiran dan pelipatan. Dan saat ini akan dimasukkan kedalam kotak suara bersama dengan formulir pendukung yang dibutuhkan untuk PSU itu.

"Rencananya mala mini atau subuh besok, logistik akan kami distribusikan kepada TPS 57, tempat PSU dilaksanakan Minggu (13/12) besok," kata Adli Mulyadi.

Komentar