Bali United dan Persipura Jayapura Wakili Indonesia

Olahraga- 20-12-2020 11:46
PSSI
PSSI

Penulis: Arzil

Jakarta, Arunala - Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) akhirnya menetapkan dua wakil Indonesia pada Piala AFC 2021. Dua klub sepakbola yang ditunjuk itu yakni Bali United dan Persipura Jayapura. Awalnya PSSI menunjuk PSM Medan mendampingi Bali United ke laga Piala AFC 2021, namun setelah mendapat protes dari pihak Persipura Jayapura, akhirnya mengubah keputusannya dengan mengganti PSM Medan dengan Persipura Jayapura.

PSSI dalam rapat Komite Eksekutif (Exco), Rabu (16/12), seperti yang dikutip dari CNN Indonesia, sebelumnya menetapkan Bali United dan Persija Jakarta menjadi wakil Indonesia di Piala AFC 2021. Keputusan itu kemudian diprotes pihak Persipura, yang menganggap lebih berhak tampil di Piala AFC 2021 daripada Persija.Plt Sekjen PSSI Yunus Nusi mengatakan pihaknya mengubah keputusan setelah mendapat surat balasan dari pihak Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) terkait wakil Indonesia di Piala AFC 2021.

AFC memahami maksud dan tujuan PSSI yang memilih Persija sebagai runnerup Piala Indonesia 2018/2019. Namun AFC ingin klub yang bermain di AFC Cup 2021 harus sesuai Entry Manual AFC Club Competition 2021 terkait Sporting Criteria," kata Yunus Nusi dikutip dari situs resmi PSSI. Persija ditetapkan PSSI karena kami menjaga keterwakilan klub Indonesia yang bermain di Piala AFC melalui slot Piala Indonesia.

Baca Juga

Karena memang AFC juga menyetujui juara Piala Indonesia mendapatkan slot bermain di Piala AFC Cup. Namun, karena PSM Makassar tidak lolos lisensi klub profesional tahun 2020, Exco PSSI memutuskan memilih Persija yang notabene runner up Piala Indonesia 2018/2019," sambung Yunus Nusi. Berdasarkan regulasi kriteria peserta Piala AFC 2021 pasal 9 ayat 1 yang menyangkut aspek sporting disebutkan perwakilan negara merupakan klub pemenang liga domestik tertinggi di negara tersebut.

Urutannya yaitu juara liga domestik, juara Piala Liga, runner up liga domestik, peringkat ketiga liga domestik atau peringkat keempat klasemen liga jika negara tersebut tidak menggelar Piala Liga. Di Liga 1 2019, Bali United berhasil keluar sebagai juara diikuti Persebaya Surabaya di posisi kedua dan Persipura Jayapura menempati peringkat ketiga.

Namun Persebaya, sama halnya dengan PSM, tidak lolos lisensi klub AFC. Dengan jawaban dari AFC, Persipura akan menemani Bali United menjadi wakil Indonesia di Piala AFC 2021. Persipura terpilih karena berada di peringkat tiga Liga 1 2019 dan mendapatkan lisensi klub profesional saat proses AFC Club Licensing Cycle tahun 2020. "Kemarin kami sudah menerima e-mail dari PSSI, disampaikan bahwa mereka mengusulkan Bali United dan Persipura untuk slot Piala AFC 2021.

PSSI juga sudah meminta maaf atas kesalahan usulan sebelumnya, dan saya selaku Ketua Umum Persipura Jayapura, menerima permintaan maaf PSSI, semoga hal-hal seperti itu tidak terulang kembali," ujar Ketua Umum Persipura Jayapura, Benhur Tomi Mano dalam rilis resmi. Persipura punya waktu hingga besok, Senin (21/12), untuk melengkapi semua persyaratan untuk bisa tampil di Piala AFC 2021, termasuk mengisi formulir participating team agreement. (*/rel)

Komentar