11 Tokoh dan Kelompok Terima Penghargaan

Metro-293 hit 21-12-2020 18:06
Kepala DKP Sumbar Yosmeri serahkan piagam penghargaan kepada Kadis DKP Kabupaten Limapuluh Kota, Ir Septianda MSi saat peringatan Hari Nusantara 2020 di Sumbar, Senin (21/12). (Dok : Istimewa)
Kepala DKP Sumbar Yosmeri serahkan piagam penghargaan kepada Kadis DKP Kabupaten Limapuluh Kota, Ir Septianda MSi saat peringatan Hari Nusantara 2020 di Sumbar, Senin (21/12). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Padang, Arunala - Memperingati Hari Nusantara 2020, Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sumbar memberi apresiasi kepada 11 tokoh atau kelompok pelaku usaha perikanan dan lembaga pemerintahan yang telah komitmennya dalam pengelolaan sumberdaya kelautan dan perikanan.

"Pada momen peringatan Hari Nusantara tahun ini, Pemprov Sumbar melalui DKP beri apresiasi 11 tokoh, kelompok maupun instansi pemerintah yang berjasa di bidang kelautan dan perikanan di Sumbar," kata Yosmeri saat dihubungi Arunala.com , Senin siang (21/12).

Yosmeri menyampaikan, pihak-pihak yang mendapat apresiasi dan penghargaan dari Pemprov Sumbar berasal dari berbagai bidang, seperti perikanan tangkap, perikanan budidaya, peningkatan daya saing produk kelautan dan perikanan, serta bidang pengelolaan ruang laut dan pengawasan sumberdaya kelautan dan perikanan.

"Atas dedikasi mereka itu, Gubernur Sumbar memberikan penghargaan sekaligus menyerahkan piagam atas keberhasilan mereka di bidang masing-masing," kata Yosmeri lagi.

Menyinggung peringatan Hari Nusantara kali ini, Yosmeri mengatakan momentum tahun ini lebih ditekankan pada aspek memaknai laut Indonesia.

"Posisi laut Indonesia di antara dan di dalam kepulauan Indonesia menjadi satu kesatuan wilayah NKRI," terang Yosmeri.

Melalui Deklarasi Djuanda, lanjutnya, Indonesia merajut dan mempersatukan wilayahnya yang luas, utuh, dan berdaulat.

Mengingat Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia.

"Jadi sudah sepatutnya kawasan laut Indonesia kita optimalkan manfaatnya. Apalagi di era digitalisasi ini. Maka tidak salah kiranya momentum peringatan Hari Nusantara kali ini pemerintah bertema "Penguatan Budaya Bahari Demi Peningkatan Ekonomi Era Digital"," kata Yosmeri.

Komentar