Pemkab Pessel Bantu Warga Terdampak Banjir

Metro-175 hit 09-01-2021 23:05
Bupati Pessel Hendrajoni saat serahkan bantuan beras dan sembako bagi masyarakat terdampak banjir di Kecamatan Lengayang, Sabtu (9/1). (Foto : Rio)
Bupati Pessel Hendrajoni saat serahkan bantuan beras dan sembako bagi masyarakat terdampak banjir di Kecamatan Lengayang, Sabtu (9/1). (Foto : Rio)

Penulis: Snm

Painan, Arunala -- Masyarakat Kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) yang terdampak banjir pada Jumat (8/1) kemarin, menerima bantuan beras dan sembako dari pemkab setempat.

Bantuan ini diserahkan langsung Bupati Pessel Hendrajoni, kepada masyarakat yang menjadi korban banjir, salah satunya di Nagari Kampung Akad, Lengayang, Sabtu (9/1).

Jenis bantuan yang diberikan saat itu berupa delapan ton beras, paket sembako seperti ikan kaleng, minyak goreng, 15 boks perlengkapan bayi, 20 boks perlengkapan dapur, 10 boks family kit, 5 boks perlengkapan mandi, dan 10 kantong perlengkapan shalat.

Baca Juga

"Saya mengharapkan masyarakat terdampak banjir tabah dalam menerima cobaan ini, dan selalu juga waspada dengan bencana banjir susulan mengingat saat ini cuaca dalam kondisi ekstrim," kata Hendrajoni kepada masyarakat Lengayang yang menerima bantuan itu.

Dia juga menyampaikan, banyak nagari di Lengayang yang rawan banjir. Untuk itu, sebut Hendrajoni, kewaspadaan masyarakat perlu ditingkatkan.

Bupati Hendrajoni, mengharapkan masyarakat terdampak tabah dalam menerima bencana dan selalu waspada dengan bencana banjir dalam menghadapi cuaca ekstrem saat ini.

Selain itu, Hendrajoni meminta pihak kecamatan dan pemerintah nagari, untuk segera menuntaskan pendataan tentang jumlah kerugian dan masyarakat yang terdampak banjir yang terjadi pada Jumat (8/1) itu.

"Segera tuntaskan pendataannya dan kemudian laporkan kepada kabupaten," tukas Hendrajoni.

Sementara, Camat Lengayang, Zoni Eldo menyebutkan data sementara menunjukkan, akibat banjir pada Jumat (8/1) itu, satu jembatan rusak di Nagari Kambang Timur, tiga rumah rusak di Kambang Utara, dan sebanyak 2.470 rumah warga terendam.

"Saat banjir itu, enam nagari yaitu; Nagari Kambang, Kambang Utara, Kambang Timur, Kambang Barat, Lakitan Timur dan Lakitan Tengah yang terdampak," kata Zoni Eldo.

Selain di Lengayang, banjir pada Jumat itu juga melanda sejumlah nagari di Kecamatan Bayang dan IV Jurai

Komentar