Sumbar Bakal Tambah Kapal Roro

Metro-160 hit 01-02-2021 11:28
Kapal Ferry (Roro) yang akan ditambah jumlahnya oleh Pemprov Sumbar untuk memperlancar transportasi laut antara Kota Padang - Mentawai. (Dok : Istimewa)
Kapal Ferry (Roro) yang akan ditambah jumlahnya oleh Pemprov Sumbar untuk memperlancar transportasi laut antara Kota Padang - Mentawai. (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Padang, Arunala - Guna mempercepat akses transportasi laut antara Kota Padang dengan Kabupaten Kepulauan Mentawai, Pemprov Sumbar berencana akan menambah empat unit kapal Ferry lagi.

Rencana penambahan empat kapal Ferry itu dikemukakan Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit di Padang, Minggu (31/1).

"Untuk saat ini, Pemprov Sumbar sudah mengusulkan penambahan empat kapal Ferry (roro) itu ke Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Dan kemarin informasinya baru satu unit kapal yang sudah disetujui dalam waktu dekat," kata Nasrul Abit.

Dirinya mengatakan, adanya penambahan kapal Ferry ini, menjadikan moda transportasi laut ke Kabupaten Kepulauan Mentawai akan makin lancar. Khususnya, soal angkutan barang sembilan bahan pokok.

"Mudah-mudahan nanti angkutan ke Mentawai seperti ke Sikakap, ke Siberut dan Tuapejat bisa lancar. Terutama angkatan barang sembilan bahan pokok," harapnya.

Nasrul menambahkan, nantinya tambahan kapal Ferry ini akan berada di bawah pengelolaan PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Padang.

Juga Butuh Kapal Patroli Cepat

Selain mengajukan penambahan empat kapal Ferry, Pemprov Sumbar, sebut Nasrul Abit juga mengajukan permintaan satu unit kapal patroli cepat.

Kapal patroli cepat ini bisa dimanfaatkan untuk menjaga keamanan laut dan pantai Mentawai hingga pesisir Sumbar.

"Ada kekhawatiran kita, praktik penyeludupan barang terlarang marak terjadi di perairan Sumbar. Maka dengan adanya kapal patroli cepat itu, praktik semacam itu bisa kita minimalisir," kata Nasrul Abit.

Komentar