Ketat Perebutan Posisi Asisten Ahli KI Sumbar

Metro-115 hit 07-02-2021 21:48
Tim seleksi asisten ahli KI Sumbar sedang mengawasi ujian CAT peserta yang ikut, di Dinas Kominfo Sumbar, Minggu (7/2). (Dok : Istimewa)
Tim seleksi asisten ahli KI Sumbar sedang mengawasi ujian CAT peserta yang ikut, di Dinas Kominfo Sumbar, Minggu (7/2). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Padang, Arunala - Perebutan posisi asisten ahli Komisi Informasi yang dibuka Dinas Kominfo Sumbar bakal berjalan ketat.

Pasalnya, pendaftaran untuk posisi ini yang telah dibuka sejak tanggal 3-5 Februari lalu, ternyata diminati ribuan orang peserta, sementara posisi untuk asisten ahli KI Sumbar tersedia hanya untuk lima orang.

Akibat membeludaknya peserta yang mendaftar menjadikan server pendaftaran yang dibuka secara online sempat alami kendala.

Baca Juga

Hal ini tentunya banyak dikeluhkan peserta maupun calon peserta. Hal itu segera diatasi tim IT Dinas Kominfo Sumbar dan kemudian kendala yang terjadi akibat banyaknya peminat yang ingin menjadi asisten ahli KI Sumbar itu.

"Hari ini dilaksanakan ujian CAT secara online dan meeting zoom, dengan tiga sesi ujian yakni pagi, siang dan malam," ujar Ketua Tim Rekruitmen AAKI Sumbar yang juga Kabid IKP Diskominfo Sumbar Indra Sukma di Padang, Minggu (7/2).

Dari tabulasi online, sebut Indra Sukma, total peserta yang mendaftar sebanyak 2.231 orang, dan ada yang menyusul karena kesalahan sistem sebanyak 619 orang.

"Untuk 619 peserta ini menjadi sesi ke empat ujian CAT onlinenya," ujarnya.

Menurut Indra Sukma, ujian CAT dilakukan untuk mengetahui kemampuan personal calon AAKI Sumbar.

Selesai dilakukan penilaian memakai passing grade dan diumumkan siapa yang ikut tahap ujian berikut yaitu wawancara.

"Peserta calon AAKI yang lulus dengan passing grade, kemudian akan mengikuti sesi wawancara yang dilakukan tim seleksi terdiri dari akademisi dan oraktisi keterbukaan informasi publik," lanjut Indra Sukma.

Terpisah, Ketua KI Sumbar Nofal Wiska menegaskan untuk rekruitmen AAKI pihaknya hanya user.

"Sesuai keputusan pleno KI Sumbar soal rekruitmen sepenuhnya diserahkan ke Dinas Kominfo Sumbar, mulai teknis pendaftaran, teknis ujian dan penilaian sampai teknis wawancara dan penetuan peserta yang diterima sebagai AAKI Sumbar," ujar Nofal Wiska.

Komentar