Audy Minta Dibranding dan Dipasarkan Secara Moderen

Ekonomi-140 hit 09-03-2021 21:57
Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy menginginkan kejayaan Bareh Solok kembali diangkat. (Dok : Istimewa)
Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy menginginkan kejayaan Bareh Solok kembali diangkat. (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Padang, Arunala - Populeritas Bareh Solok (Beras Solok) kembali bangkitkan. Soalnya beras yang tumbuh di daerah Kota Solok dan juga Kabupaten Solok ini sudah cukup dikenal banyak orang, bahkan hingga manca negara.

Tidak hanya rasanya yang gurih, namun dari segi aromanya pun cukup menggugah selera makan.

Keberadaan Bareh Solok ini pula yang jadi pertanyaan Wakil Gubernur Sumbar Sumbar, Audy Joinaldy saat rapat koordinasi perencanaan pembangunan (Rakorenbang), dengan jajaran Pemkab Solok dan Pemko Solok, di Auditorium Gubernuran, Selasa (9/3).

"Beras produksi Kota dan Kabupaten Solok sekarang ini kalah bersaing dengan beras-beras dari daerah lain di pulau Jawa. Bahkan di supermarket ternama di Padang pun, Bareh Solok ditempatkan di tumpukan paling bawah karena kemasannya yang masih menggunakan karung. Sementara beras merk lain asal Jawa lebih laris karena kemasannya yang bagus," kata Audy saat rapat itu.

Bukan rahasia lagi, lanjutnya, beras produksi Kota Solok dan Kabupaten Solok sudah dikenal hingga manca negara sejak lama karena punya citarasa yang enak dan harum.

"Bareh Solok itu katanya ikon Solok, coba lihat di sejumlah toko dan tempat perbelanjaan, dimana letaknya. Jadi sudah saatnya marwah Bareh Solok kembali ditingkatkan dengan slogan bareh nan tanamo (beras yang terkenal)," ucap Audy lagi.

Untuk itu Audy meminta kepada dinas terkait di dua daerah itu, termasuk perdagangan atau koperasi dan pelaku UMKM di daerah itu, buatkan brand untuk mengangkat marwah beras ini.

"Sebab Solok ini mendukung visi misi kepala daerah juga, yakni menjadikan Sumbar sebagai produsen beras nasional," tutur Audy.

Audy melanjutkan, setelah ada brand yang bagus, Bareh Solok juga bisa di-packing ukuran paling kecil 5 kg sama seperti beras-beras ternama lainnya.

Menyangkut pemasarannya, menurut Audy bisa melalui banyak saluran. Mulai dari pemasaran di kalangan ASN se-Sumbar, lalu ke pusat-pusat perbelanjaan dan pusat ritel yang ada di Sumbar, supermarket hingga pemasaran online melalui market place.

Sementara itu, Wali Kota Solok, Zul Elfian menyambut baik keinginan wakil gubernur itu yang ingin mengembalikan kejayaan Bareh Solok.

"Apa yang disampaikan pak wagub sangat penting sekali dan segera akan kami tindaklanjuti dengan menyiapkan brand dan packing dengan berbagai ukuran. Semoga dengan begitu Bareh Solokmakin terkenal karena rasanya memang khas sekali, beda dengan beras manapun," ujar Zul Elfian.(*)

Komentar