Musfi Yendra Jadi Informan Ahli IKIP 2021 di Sumbar

Metro-131 hit 01-04-2021 19:43
Anggota KI Sumbar, Adrian Tuswandi saat menerima bahan kuisioner IKIP 2021 yang telah diisi Musfi Yendra, di Padang, Selasa (30/3) lalu. (Dok : Istimewa)
Anggota KI Sumbar, Adrian Tuswandi saat menerima bahan kuisioner IKIP 2021 yang telah diisi Musfi Yendra, di Padang, Selasa (30/3) lalu. (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Padang, Arunala - Komisi Informasi (KI) Sumbar membentuk tim informan ahli Indeks Keterbukaan Informasi Publik (IKIP) 2021.

Tim ini berjumlah sembilan orang yang terdiri dari berbagai unsur, salah satunya dari kalangan pengusaha.

Untuk unsur ini, pihak KI Sumbar menunjuk Musfi Yendra sebagai salah seorang anggota tim.

"Bagi mereka yang kami tetapkan sebagai anggota informan ahli IKIP 2021, lebih dulu harus mengisi kuisioner yang telah disiapkan Pokja KI Pusat, dan Musfi Yendra sudah menyerahkan kuisioner itu kepada kami," ungkap Anggota KI Sumbar, Adrian Tuswandi seusai mewawancarai dan menerima berkas kuisioner dari Musfi Yendra, di Padang, Selasa (30/3) lalu.

Adrian mengatakan kuisioner yang disiapkan Pokja KI Pusat memang butuh keseriusan dalam pengisiannya.

"Setelah informan ahli mengisi, maka nilainya ditabulasi ke sistem dan ada masa perbaikan sebelum diangkat dalam kegiatan FGD yang dihadiri Pokja IKIP Pusat," sebut Adrian.

Dia menambahkan, nantinya setelah FGD keluar, maka hasilnya akan dikirimkan KI Pusat untuk kemudian diakumulasi secara nasional dalam melahirkan Indeks KIP Indonesia.

Sedangkan Musfi Yendra mengaku, sejak dirinya mendapatkan kuisioner IKIP yang diberikan KI Sumbar, dirinya butuh waktu dua hari untuk mengisinya.

"Terus terang berat, ada 85 pertanyaan yang harus saya jawab. Selain itu saya juga diminta memberi nilai dari pertanyaan yang saya jawab sendiri, beserta alasannya," ucap Musfi.

Dia menilai, semua pertanyaan yang ada dalam kuisioner itu menyangkut nama baik Sumbar.

"Secara sembarangan dalam mengisinya, maka IKIP Sumbar bisa merosot, saya tentu harus memahami betul apa pertanyaan yang disodorkan, terlebih menyangkut potret riil soal keterbukaan informasi publik di Sumbar ini," sebut Musfi lagi.

Dia juga mengucapkan terima kasihnya kepada KI Sumbar yang mempercayai dirinya menjadi salah seorang informan ahli IKIP 2021 oleh KI Sumbar.

"Saya berharap jawaban yang saya buat di kuisioner IKIP 2021 itu bisa bermanfaat untuk penguatan keterbukaan informasi publik ke depannya di Sumbar," kata Musfi Yendra.

Komentar