Pemohon dan Termohon Sepakat Jalani Mediasi

Metro-49 hit 15-04-2021 21:11
Sidang sengketa informasi yang dipimpin Tanti Endang Lestari, Kamis (15/4). (Dok : Istimewa)
Sidang sengketa informasi yang dipimpin Tanti Endang Lestari, Kamis (15/4). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Padang, Arunala - Komisi Informasi (KI) Sumbar menggelar sidang perdana pemeriksaan awal terhadap pemohon Daniel Sutan Makmur kepada termohon atasan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kantor Pertanahan Kabupaten Tanahdatar, di ruang sidang kantor KI Sumbar, Padang, Kamis (15/4).

Sidang dipimpin Ketua majelis Komisioner KI Sumbar, Tanti Endang Lestari dengan anggota Adrian Tuswandi dan Arif Yumardi, serta panitera Tiwi Utami.

"Hari ini KI Sumbad melaksanakan sidang dengan registrasi 03/IV/KSBI-SP/2021 dimana pihak pemohonnya adalah Yanofta, Ridwansyah, dan Zet Syahadil yang dikuasakan kepada Daniel Sutan Makmur, sedangkan pihak termohon yaitu Kantor Pertanahan Kabupaten Tanahdatar," ujar Tanti.

Baca Juga

Sidang kali ini, jelas Tanti, merupakan sidang perdana dengan agenda pemeriksaan awal.

"Sesuai peraturan KI Nomor 1 Tahun 2013 Pasal 36, untuk sidang perdana ini ada empat hal penting untuk dipenuhi untuk kelanjutan sidang sengketa informasi ini, yaitu menyangkut kewenangan Komisi Informasi, kedudukan hukum pemohon, kedudukan hukum termohon, dan batas waktu pengajuan," kata Tanti.

Nyatanya pada sidang kali ini, empat hal yang menjadi titik awal pelaksanaan sidang sengketa antara dua pihak yang bersengketa bisa dilanjutkan, karena telah memenuhi empat hal tadi.

Hanya saja, dalam sidang hari itu berujung pada proses mediasi. Mengingat para pihak bersikukuh dengan pendapatnya masing-masing.

Mendapati kenyataan itu, Tanti meminta para pihak untuk menempuh jalur mediasi lebih dulu.

"Hal itu disepakati dua belah pihak baik untuk melakukan mediasi. Yang jadi mediatornya nanti adalah Arfitriati," ujar Tanti lagi.

Biasanya sambungnya, pelaksanaan mediasi para pihak di KI Sumbar kebanyakan berhasil dan melahirkan kesepakatan.

"Seandainya setelah mediasi ada pihak yang tidak sepakat, dikembalikan ke sidang Ajudikasi (proses penyelesaian sengketa, yang nantinya diputus oleh majelis sidang," pungkas Tanti.

Komentar