Syarif Isran dan Sekkab Agam Tempuh Jalur Mediasi

Metro-134 hit 22-04-2021 15:01
Sidang lanjutan sengketa informasi antara Syarif Isran dengan termohon Sekretariat Daerah Kabupaten (Sekkab) Agam, di KI Sumbar, Kamis (22/4). (Dok : Istimewa)
Sidang lanjutan sengketa informasi antara Syarif Isran dengan termohon Sekretariat Daerah Kabupaten (Sekkab) Agam, di KI Sumbar, Kamis (22/4). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Padang, Arunala - Kamis ini (22/4), Komisi Informasi (KI) Sumbar menggelar dua sidang lanjutan sengketa informasi yang dilaksanakan di ruang sidang utama Kantor KI Sumbar.

Masing-masing sidang lanjutan antara pemohon Syarif Isran dengan termohon Sekretariat Daerah Kabupaten (Sekkab) Agam, dan sidang lanjutan pemohon Daniel St Makmur, terhadap termohon atasan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kantor Pertanahan Kabupaten Tanahdatar.

Untuk sidang lanjutan kali ini, akhirnya Syarif Isran (pemohon), dan pihak termohon Sekkab Agam yang dikuasakan kepada Kabid Koperasi, Dinas Perindag-Kop UKM Kabupaten Agam, Ardianti sepakat untuk menempuh jalur mediasi.

Sebelumnya, dalam sidang lanjutan itu, permohonan informasi yang dimohonkan Syarif Isran menyangkut identitas anggota Koperasi Mutiara Sawit Jaya binaan Dinas Perindag Koperasi dan UMK Kabupaten Agam, dinilai majelis sidang telah kadaluarsa.

Bahkan Komisioner KI Sumbar, yang juga majelis sidang, Arif Yumardi, mengatakan permohonan dari pemohon terkesan sedikit mengada ada, tidak jelas kegunaannya, dan faktanya, Informasi yang diminta kepada termohon sama sekali tidak dikuasai oleh termohon, dan Dinas Koperasi, Perindag-Kop UKM Kabupaten Agam tidak memiliki PPID.

"Makanya dalam persidangan ini, kedua belah pihak baik pemohon dan termohon menyepakati untuk melakukan mediasi. Sidang ini dilanjutkan mediasi oleh mediator. Mediatornya nanti adalah Arfitriati," kata Arif. (*)

Komentar