Genius Umar Minta Dukungan Kemenparekraf

Metro-27 hit 23-04-2021 21:43
Wali Kota Pariaman, Genius Umar bersama Menparekraf, Sandiaga Salahuddin Uno di Kota Pariaman, Jumat (23/4). (Dok : Istimewa)
Wali Kota Pariaman, Genius Umar bersama Menparekraf, Sandiaga Salahuddin Uno di Kota Pariaman, Jumat (23/4). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Pariaman, Arunala -- Wali Kota Pariaman, Genius Umar minta Sapras (sarana pra sarana) Sport Tourism yang ada di Kota Pariaman kepada Menparekraf (Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif), Sandiaga Salahuddin Uno.

"Kota Pariaman sangat serius meningkatkan pariwisata, khususnya sport tourism, seperti Pariaman International Triathlon yang sudah digelar sejak Tahun 2014 lalu, dan kini di tahun 2021 ini, iven Indonesia Triathlon Cities masuk Calender Of Event (COE) Nasional, yang akan digelar bulan Agustus mendatang, selain event sport tourism lainya," ujar Genius Umar kepada Salahuddin Uno saat meninjau Desa Wisata Tungkal Selatan, Kecamatan Pariaman Utara, Jumat siang (23/4).

Genius mengungkapkan kotanya mempunyai visi sebagai kota wisata, perdagangan, jasa yang religius dan berbudaya, Makanya pemko komit membangun infrastruktur yang menunjang pariwista.

Baca Juga

"Karena Kota Pariaman hanya kota kecil dengan PAD dan APBD-nya yang terbatas, kami tidak bisa banyak berbuat untuk membangun sarana dan pra sarana tersebut. Diharapkan dengan kunjungan Pak Sandiaga Uno, pariwisata Kota Pariaman akan makin lengkap Sapras Sport Tourism-nya, dan makin dikenal di nasional dan internasional," tukasnya.

Dia juga menuturkan apa-apa saja sarana dan pra sarana sport tourism yang diminta kepada orang nomor satu di Kementerian Parekraf ini.

"Kami mempunyai arena skatepark yang dibangun sejak 2017 lalu, dan merupakan arena skatepark pertama di Sumbar. Saat ini kondisinya sudah banyak yang rusak dan perlu diperbaiki dan perlu perluas dengan sarana dan pra sarana penunjang lainnya," jelas Genius.

Selain itu, lanjut dia, Kota Pariaman juga mempunyai Gelanggang Olahraga (GOR) di Karan Aur, tapi belum mempunyai fasilitas kolam renang, jadi kami juga meminta bantuan dari Pak Menteri untuk merealisasikan hal tersebut.

"Selain itu, iven Tabuik di tahun 2021 ini juga akan di-back up penuh oleh Kemenparekraf, dengan pembatasan pengunjung dan wisatawan yang boleh ikut, dan untuk warga lainnya diharapkan dapat menonton melalui live streaming yang kami sediakan di tempat yang telah ditentukan atau juga bisa diakses melalui handphone," jelasnya

"Saya berharap, dengan kunjungan Pak Menteri ini, akan banyak bantuan pusat khususnya berasal dari Kemenparekraf dalam melengkapi sarana dan pra sarana Sport Tourism terssebut di Kota Pariaman," tutup Genius Umar. (*)

Komentar