Pariaman Raih Predikat Kota Sangat Inovatif

Metro-40 hit 18-12-2010 19:30
Wali Kota Pariaman, Genius Umar saat menerima anugerah Innovative Government Award (IGA) 2020, dari Kemnendagri, di Jakarta, Jumat siang (18/12). (Dok : Istimewa)
Wali Kota Pariaman, Genius Umar saat menerima anugerah Innovative Government Award (IGA) 2020, dari Kemnendagri, di Jakarta, Jumat siang (18/12). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Jakarta, Arunala -- Pemko Pariaman kembali meraih penghargaan nasional. Prestasi gemilang ini didapat di penghujung tahun 2020. Adapun penghargaan yang diterima pemko kali ini adalah Innovative Government Award (IGA) 2020, yang diserahkan Kepala BPP Kemendagri, Agus Fatoni kepada Wali Kota Pariaman, Genius Umar, di Hotel Sultan, Jakarta Pusat, Jumat siang (18/12).

"Ini adalah penghagaan pertama di bidang inovasi yang diraih oleh Kota Pariaman, dan berkat penghargaan ini menjadikan Kota Pariaman sejajar dengan daerah-daerah inovatif lainya yang hadir dan mendapatkan penghargaan serupa dalam gedung ini," ujar Genius Umar yang didamping istri dan beberapa pajabat terkait lainnya usai menerima penghargaan.

Genius menyebut, dengan raihan penghargaan ini, kreativitas yang dilakukan Pemko Pariaman dinilai sangat bermanfaat bagi pelayan publik dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Baca Juga

Penghargaan IGA adalah penghargaan yang diberikan pemerintah pusat kepada pemprov, pemkab dan pemko sebagai apresiasi atas inovasi yang berhasil dilakukan oleh daerah tersebut. Adapun Inovasi yang dinilai adalah di bidang tata kelola pemerintahan, dan pelayanan publik yang sesuai dengan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah.

Sedangkan tujuan penganugerahan IGA sendiri untuk memicu dan memotivasi pemda agar meningkatkan inovasi dan kreativitas daerah dalam memberikan pelayan publik, serta mendukung arah pembangunan dan penyelenggaraan pemerintahan yang sesuai dengan arah kebijakan pemerintah pusat dan selaras dengan good governmance.

"Kota Pariaman mendapatkan penghargaan dalam kategori Sangat Inovatif, bersama dengan 21 provinsi, 131 kabupaten dan 42 kota lainnya. Inovasi Kota Pariaman yang mendapat apresiasi adalah bidang pendidikan dengan program Saga Saja (Satu Keluarga Satu Sarjana), dan Bantuan Keuangan Khusus untuk program Wajar 12 Tahun gratis," papar Genius Umar.

Selain itu, lanjut itu, penghargaan yang diraih kotanya juga menyangkut penilaian bidang pariwisata dengan intensnya pembangunan dan pembuatan destinasi wisata baru, serta bidang pertanian dengan program Mubalig Bertani.

Genius berharap, agar di tahun berikutnya, Kota Pariaman dapat mempertahankan penghargaan yang sangat bergengsi ini, sehingga kota tersebut bisa makin maju dan berkembang, serta dapat disejajarkan dengan kota lainnya di Indonesia.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (BPP) Kemendagri, Agus Fatoni mengatakan ada 14.897 inovasi Pemda pada tahun 2020 ini, dimana angka ini meningkat 85 persen disbanding pada 2019 yang hanya sebanyak 8.014 inovasi.

"Kemendagri melalui BPP telah melakukan tahapan penjaringan berupa penginputan data yang dilakukan oleh pemerintah daerah terhadap penerapan inovasi daerah yang dilaksanakan oleh daerah secara online sejak tanggal 14 Mei 2020 melalui aplikasi indeks inovasi daerah Kemendagri," ungkapnya.

Agus melanjutkan pemberian penghargaan kepada pemerintah daerah dengan predikat sangat inovatif dan terinovatif, berdasarkan pengukuran indeks inovasi daerah Tahun 2020 merupakan apresiasi pemerintah terhadap semangat daya upaya serta keberhasilan pemerintah daerah dalam melaksanakan penyelenggaraan pemerintahan daerah dengan cara-cara inovatif.

Komentar