Baznas Kota Pariaman Salurkan Zakat Pendidikan

Edukasi-40 hit 27-10-2020 19:46
Ketua Baznas Kota Pariaman Jamohor salurkan zakat pendidikan untuk program Pariaman Cerdas Saga Saja, Selasa (27/10). (Dok : Istimewa)
Ketua Baznas Kota Pariaman Jamohor salurkan zakat pendidikan untuk program Pariaman Cerdas Saga Saja, Selasa (27/10). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Pariaman, Arunala -- Baznas Kota Pariaman menyerahkan zakat pendidikan bagi mahasiswa asal Kota Pariaman yang kuliah di beberapa Politekni di Sumbar. Penyerahan ini dilakukan Ketua Baznas kota setempat, Jomohor di ruang rapat Wali Kota Pariaman, Selasa (27/10).

Penyerahan zakat pendidikan itu merupakan program Pariaman Cerdas yang diperuntukan bagi anak-anak didik yang terdaftar dalam program andalan Pemko Pariaman yakni Satu Keluarga Satu Sarjana (Saga Saja).

"Seperti diketahui program Saga Saja ini merupakan salah satu program yang cukup bagus sekali dari Pemko Pariaman untuk anak-anak yang berasal dari keluarga kurang mampu, namum punya berkeinginan melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi lagi," ujar Jamohor.

Baca Juga

Pendistribusian zakat pendidikan ini merupakan bentuk kerjasama pemko dengan Baznas yang diberikan amanah untuk mengelola zakat dari ASN dilingkup Pemko Pariaman.

"Kami di Baznas hanya bertugas menyalurkan saja sesuai dengan aturan dari pemko. Untuk pendidikan, kami memprioritaskan sebanyak 42 persen, untuk pelaku ekonomi produktif kami prioritaskan sebanyak 25 persen, dan sisanya yang 33 persen lagi kami gunakan untuk kegiatan sosial lainnya, termasuk bidang kesehatan," jelas Jamohor.

Dia menerangkan, penyerahan zakat hari itu, pihaknya menyalurkan dana sebesar Rp736 juta lebin untuk dua angkatan, yaitu angkatan 2019 sebanyak dua semester (II dan III) dengan rincian Politeknik Negeri Padang sebanyak 27 orang (Rp401 juta), Politeknik Akademi Teknologi Industri Padang untuk tiga orang (Rp23 juta lebih), dan Politeknik Pelayaran Sumbar sebanyak enam orang (Rp 59 juta lebih).

"Jadi bila ditotalkan, zakat yang disalurkan untuk angkatan 2019 berjumlah Rp483 juta lebih untuk 36 orang," ujar Jomohor lagi.

Kemudian lanjutnya, bagi angkatan kedua yakni angkatan 2020 untuk Semester I adalah Politeknik Negeri Padang sebanyak delapan orang (Rp56 juta lebih), bagi mahasiswa di Politeknik Akademi Teknologi Industri Padang sebanyak 49 orang (Rp 123,5 juta), dan untuk mahasiswa Pariaman di Politeknik Kelautan dan Perikanan sebanyak sembilan orang (Rp72,9 juta), sehingga totalnya mencapai Rp253 juta lebih untuk 66 orang.

Jomohor menegaskan dengan tersalurnya zakat ini kepada anak-anak didik dari program Saga Saja, akan memicu semangat mereka untuk lebih meningkatkan lagi belajarnya, sehingga mendapatkan hasil yang lebih baik lagi.

Komentar