Nevi Zuarina Bantu Pelaku UMKM Kota Pariaman

Metro-26 hit 22-10-2020 22:11
Anggota Komisi VI DPR RI, Nevi Zuarina membantu pelaku UMKM di Kota Pariaman dengan bimtek WUB IKM, Kamis (22/10). (Dok : Istimewa).
Anggota Komisi VI DPR RI, Nevi Zuarina membantu pelaku UMKM di Kota Pariaman dengan bimtek WUB IKM, Kamis (22/10). (Dok : Istimewa).

Penulis: Arzil

Pariaman, Arunala - Anggota DPR RI Dapil Sumbar II, Nevi Zuarina mengunjungi SMK 2 Pariaman untuk melihat sekaligus memberikan bantuan pelatihan bagi pelaku UMKM dari Kementerian Perindusterian RI, Kamis (22/10)

Kali ini, bantuan berupa kegiatan Bimtek dan pelatihan membuat pola, dan menjahit baju serta pelatihan anyaman lidi yang difasilitasi seluruhnya oleh mitra Komisi VI DPR RI yakni Kementrian Perindustrian.

"Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang pertama dalam membantu perekonomian Indonesia, dan saya selalu mendukung upaya pemerintah untuk memajukan UMKM. Sebab selama ini sudah terbukti pada kasus gejolak ekonomi tahun 1998 lalu di Indonesia, yang menyelamatkan ekonomi Indonesia bukan korporasi besar, tapi UMKM yang saat itu jadi garda terdepan dalam penyelamatan ekonomi nasional," ujar Nevi Zuairina.

Baca Juga

Nevi memaparkan, apabila UMKM berjalan lancar dan serentak di Indonesia, hal ini bisa jadi pendorong kesetabilan perekonomian negara. Dalam perekonomian Indonesia, UMKM kelompok usaha yang memiliki jumlah paling besar.

"Selain itu, UMKM terbukti tahan terhadap berbagai macam goncangan krisis ekonomi. Maka sudah jadi keharusan untuk melakukan penguatan UMKM yang melibatkan banyak kelompok, karena itu kami bersama Kementerian Perindustrian membuat bimtek wira usaha baru industri kecil menengah (WUB IKM) untuk menjahit baju serta anyaman lidi yang ada di Pariaman," ungkap Nevi lagi.

"Dengan kegiatan bimtek itu, Nevi berharap akan lahir UMKM yang andal, bisa menemukan pangsa pasar, dan meningkatkan produknya agar dapat bersaing dengan produk lainnya, sehingga karya dari Pariaman ini tidak kalah nantinya dengan karya dari daerah lainnya.

Sedangkan Kepala SMK N 2 Pariaman, Ar Rahmi menyebutkan bimtek WUB IKM menjahit dan menganyam bagi pelaku UMKM diadakan di SMK N 2 Pariaman selama empat hari (21-24 Oktober), dan jumlah pesertanya 30 orang.

"Untuk konsumsi peserta baik snack dan makan siang seluruhnya disiapkan pihak sekolah, dimana SMK N 2 Pariaman ini mempunyai jurusan Tata Boga yang dibuat para siswinya," kata Ar Rahmi.

Komentar