Duta Bahasa Sumbar jadi Penggerak Literasi

Metro-290 hit 29-05-2021 09:00
Kepala Balai Bahasa Sumbar, Aminulatif bersama para pemenang pemilihan Duta Bahasa Sumbar 2021, Jumat malam (28/5). (Foto : Arzil)
Kepala Balai Bahasa Sumbar, Aminulatif bersama para pemenang pemilihan Duta Bahasa Sumbar 2021, Jumat malam (28/5). (Foto : Arzil)

Penulis: Arzil

Padang, Arunala - Balai Bahasa Sumatera Barat (Sumbar) pada Jumat malam (28/5) menggelar malam final pemilihan Duta Bahasa Sumbar 2021 di salah satu hotel berbintang di Padang.

Pada malam final itu, ada 10 pasangan peserta Uda dan Uni Duta Bahasa Sumbar yang akan diuji untuk menentukan siapa yang akan jadi pemuncak dari penyelenggaraan tahunan Balai Bahasa Sumbar itu.

Para peserta itu uji wawasan dan pengetahuan mereka oleh dewan juri yang berasal dari beberapa profesi dan latar belakang, diantaranya Kepala Pusat Pembinaan Bahasa dan Sastra, Dr Abdul Khak, Khairul Jasmi (unsur media), Gus Tf (Sastrawan), Kepala Dinas Kebudayaan Sumbar Gemala Ranti, dan Uni Duta Bahasa Sumbar 2008, Annike Feby Fiolina.

Baca Juga

Setelah berbagai pertanyaan dilontarkan dewan juri kepada para peserta Duta Bahasa Sumbar itu, akhirnya dewan juri menentukan Wildan Massyiyan Chaniago, dan Aficha Leony sebagai pemuncak Uda dan Uni Duta Bahasa Sumbar 2021.

Untuk juara 2, diraih pasangan Joni Saputra dan Fiolina Elfajri, dan juara 3 diperoleh pasangan M Iqbal, dan Riyanti Aulia Putri.

Sedangkan untuk juara 4 diraih pasangan Gibran Salwa Pasha, dan Muthiah Afifah, serta pasangan Muhammad Farid Wajdi dan Sinta Caniago meraih peringkat kelima.

Sementara untuk pasangan favorit dalam pemilihan Uda dan Uni Duta Bahasa Sumbar 2021 itu diraih pasangan Ifan Arenza dan Ado Putri Adela.

Kepala Balai Bahasa Sumbar, Aminulatif menyebut, pemilihan Duta Bahasa Sumbar yang diadakan instansinya bertujuan bagaimana wakil- wakil muda dari Sumbar bisa menjadi penggerak Literasi dan tauladan untuk bisa memartabatkan bahasa negara, melestarikan bahasa daerah dan juga sebagai contoh dalam penguasaan bahasa asing.

"Jadi ini "cendawan-cendawan" yang memang diharapkan akan memberikan kontribusi di Sumbar ini," kata Amunilatif saat diwawancari Arunala.com seusai pemilihan pemenang Uda dan Uni Duta Bahasa Sumbar 2021 malam itu.

Dia menjelaskan, para Duta Bahasa Sumbar yang ikut pada malam final pemilihan itu, nantinya akan menjadi mitra bagi Balai Bahasa Sumbar yang akan membantu mensosialisasikan bagaimana penggunaan bahasa negara yang baik.

"Tak kalah pentingnya, mereka pada Duta Bahasa Sumbar ini akan jadi penggerak atau pendorong dan contoh tauladan dalam lingkungan mereka," ujar Aminulatif lagi.

Ditanya soal animo peserta pada pemilihan Duta Bahasa Sumbar 2021 kali ini, Aminulatif menyebutkan peminatnya cukup banyak dari tahun ke tahun.

"Bila sebelumnya peserta yang ikut pemilihan banyak dari Unand, UNP dan Unri, tapi pada pemilihan tahun ini peserta ada yang berasal dari Unsri, UI, UGM dan lainnya. Dan mereka memberikan respon yang baik untuk pemilihan Uda dan Uni Duta Bahasa Sumbar 2021 ini," kata Aminulatif.

Komentar