Zalman Zaunit Ketua Baznas Pariaman yang Baru

Metro-48 hit 27-05-2021 17:27
Wali Kota Pariaman, Genius Umar melantik pengurus Baznaz Pariaman yang baru untuk periode 2021-2026, Kamis sore (27/5). (Dok : Istimewa)
Wali Kota Pariaman, Genius Umar melantik pengurus Baznaz Pariaman yang baru untuk periode 2021-2026, Kamis sore (27/5). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Pariaman, Arunala -- Kepengurusan baru Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Pariaman periode 2021-2026, resmi dilantik Wali Kota Pariaman, Genius Umar, dilaksanakan di aula Balaikota Pariaman, Kamis sore (27/5)

Pada pelantikan pengurus Baznas yang baru itu, yang menjadi ketua yakni Zalman Zaunit, lalu Boedi Satria (Wakil Ketua I), Dedy Edwar (Wakil Ketua II), Baharuddin (Wakil Ketua III), dan Hasan Basri (Wakil Ketua IV).

Dalam pelantikan itu, Genius meminta pengurus baru Baznas Pariaman dapat bekerja dengan amanah dan ikhlas menjalankan tugas serta tanggung jawab.

Baca Juga

"Keberadaan Baznas sebagai lembaga pemerintah non struktural, merupakan instrument untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pelayanan dalam pengelolaan zakat, serta meningkatkan manfaat zakat untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat sekaligus penanggulangan kemiskinan di Kota Pariaman," kata Genius Umar.

Dia menyebutkan, banyak program yang akan dikerjakan pengurus Baznas Pariaman yang baru itu, diantaranya Pariaman Cerdas, Pariaman Makmur, Pariaman Sehat, Pariaman Taqwa dan Pariaman Peduli.

"Untuk program-program yang disebutkan tadi, saya harap bisa dilanjutkan dan ditingkatkan oleh pengurus Baznas Pariaman yang baru. Selain itu bangun juga sinergitas dengan pemko dan berbagai pihak terkait yang selama ini sudah tercipta dengan baik," ujar Genius.

Disebutkannya, masyarakat Pariaman memang memerlukan kepedulian semua pihak, sebagaimana yang telah diujudkan oleh Baznas selama ini, baik itu berupa pengumpulan potensi zakat, serta penyaluranya kepada para mustahik.

Kemudian, kepada pengurus Baznas Pariaman yang lama, Genius memberi apresiasi atas kinerja yang mereka dilaksanakan. Sebab cukup banyak program yang bermanfaat bagi masyarakat dibuat oleh pengurus Baznas yang lama, dan manfaatnya sudah dirasakan oleh masyarakat di kota ini.

Genius menjelaskan, program Pariaman Cerdas yang dibuat Baznas adalah bantuan untuk biaya pendidikan warga kurang mampu, sedangkan program Pariaman Makmur merupakan bantuan untuk ekonomi produktif bagi para UKM.

Selanjutnya program Pariaman Sehat adalah bantuan keuangan untuk kesehatan bagi warga tidak mampu, PariamanTaqwa adalah bantuan zakat untuk para imam mesjid, khatib, garin, labai dan ubiyah. Terakhir adalah program Pariaman Peduli untuk bantuan zakat bagi masyarakat yang termasuk dalam delapan golongan penerima zakat.

Komentar