Hari Lahir Pancasila Momentum Mantapkan Nilai Internalisasi Bangsa

Metro-215 hit 01-06-2021 11:01
Anggota DPD RI, Dr Alirman Sori SH, MHum, MM (Dok : Istimewa)
Anggota DPD RI, Dr Alirman Sori SH, MHum, MM (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Jakarta, Arunala -- Anggota DPD RI asal Sumatera Barat (Sumbar), Dr Alirman Sori SH, MHum, MM menegaskan Pancasila menjadi pedoman dasar, pegangan utama, dan diimplementasikan secara benar, konsekuen, dan konsisten oleh para pemimpin negeri dan seluruh rakyat Indonesia.

Layaknya sebuah rumah, negara juga membutuhkan pondasi atau dasar yang kokoh agar bisa melindungi orang-orang di dalamnya.

"Pancasila sebagai dasar negara dirumuskan oleh para pendiri negara agar bisa menjadi pedoman kehidupan di Indonesia," kata Alirman Sori ketika dihubungi Arunala.com , Selasa (1/6).

Baca Juga

Pada hari Kelahiran Pancasila ini, Senator asal Sumbar tersebut meminta semua elemen masyarakat harus menjadikan peringatan hari itu sebagai momentum untuk bersama-sama menjaga persatuan dan toleransi.

"Yang lebih penting lagi, yakni inti memperinggati Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni 1945 adalah memantapkan internalisasi dan revitalitasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara," ujar Alirman Sori lagi.

Saat ditanya apakah pemantapan internalisasi dan revitalisasi nilai-nilai Pancasila itu sudah teraplikasikan secara baik? Alirman Sori menjawab belum semuannya teraplikasikan.

"Mengingat semakin menurunnya pengalaman nilai-nilai Pancasila dalam praktek kehidupan sehari-hari sangat diperlukan internalisasi dan revitalisasi nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup berbangsa," tegas Alirman Sori.

Dia pun optimistis seluruh elemen bangsa ini akan terus bersatu dalam bingkai ideologi Pancasila. Ia juga mengajak semua elemen selalu menjaga Pancasila dan NKRI dengan keanekaragamannya.

Komentar