Genius-Koncoro Diskusikan Pengembangan Stasiun di Pariaman

Metro-125 hit 01-06-2021 21:55
Wali Kota Pariaman, Genius Umar saat menerima kunjugan Kadivre II PT KAI Sumbar, Kuncoro di ruang kerjanya, Senin (31/5). (Dok : Istimewa)
Wali Kota Pariaman, Genius Umar saat menerima kunjugan Kadivre II PT KAI Sumbar, Kuncoro di ruang kerjanya, Senin (31/5). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Pariaman, Arunala -- Senin (31/5) kemarin, Wali Kota Pariaman, Genius Umar menerima kehadiran Kepala Divre II PT Kereta Api Indonesia (KAI) Sumbar, Kuncoro di ruang kerjanya, Senin (31/5).

Kunjungan pejabat PT KAI Sumbar itu untuk mendiskuasikan rencana Pemko Pariaman tempo hari terkait pembangunan jalur kereta api yang sangat diminati masyarakat yang berwisata ke kota itu.

"Banyak hal yang kami diskusikan dalam pertemuan itu, diantaranya menyangkut permintaan kami agar PT KAI menyediakan gerbong khusus sepeda, dimana sangat membantu para gowes di Sumbar untuk menikmati keindahan di Kota Pariaman," kata Genius seusai pertemuan.

Disamping itu, dirinya juga menyampaikan agar perusahaan kereta api itu dibuatkan juga taman-taman yang indah di sekitar stasiun kereta api di kota tersebut.

"Saya menginginkan stasiun kereta api di Pariaman ini terlihat cantik dengan adanya taman bunga di sekelilingnya. Ditambah lagi sentuhan seni lukisan mural di sekitar stasiun dengan tema kereta api," imbuh Genius.

Kemudian yang paling penting lagi, lanjut Genius, minta agar PT KAI memperhatikan keamanan di setiap perlintasan kereta api yang sangat rawan terjadinya kecelakaan.

Ia juga instruksikan OPD terkait, camat, kepala desa dan lurah untuk melakukan pelatihan dubalang untuk difungsikan menjaga setiap perlintasan kereta api di Kota Pariaman.

Dikatakannya juga kunjungan Kepala Divre II PT KAI Sumbar ke Kota Pariaman merupakan tindaklanjut dari pertemuannya dengan Dirut PT KAI difasilitasi oleh Anggota DPR RI Bapak Andre Rosiade beberapa hari lalu.

Genius mengakui keberadaan PT KAI dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi Kota Pariaman, membuat biaya transportasi menjadi murah.

"PT KAI diharapkan dapat mendukung meningkatkan pariwisata di Kota Pariaman," harapnya.

Sedangkan Kepala Divre PT KAI Sumbar, Kuncoro juga meminta agar Pemko Pariaman menertibkan tempat pembuangan sampah (TPS) di sekitar stasiun Kota Pariaman agar kawasan stasiun terlihat bersih dan rapi.

Selain itu, PT KAI juga berencana akan mengundang BPBD terkait tanggap darurat bencana untuk melatih masinisnya tentang langkah-langkah yang perlu dilakukan saat terjadi gempa dan bencana lainnya.

"Penumpang kereta api bisa memesan tiket kereta melalui KAI Access yang bisa di download di Playstore," tutup Kuncoro.

Komentar