Awal Tahun 2021 Genius Evaluasi Kinerja Jajarannya

Metro-19 hit 04-01-2021 10:43
Wali Kota Genius Umar saat pimpin rapat evaluasi kinerja OPD selama tahun 2020 lalu, Senin pagi (4/1). (Dok : Istimewa)
Wali Kota Genius Umar saat pimpin rapat evaluasi kinerja OPD selama tahun 2020 lalu, Senin pagi (4/1). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Pariaman, Arunala - Mengawali tahun 2021, Wali Kota Pariaman, Genius Umar adakan coffee morning yang diikuti seluruh kepala OPD di ruang rapatnya, Senin pagi (4/1). Rapat yang dipimpin langsung Genius Umar itu didampingi Asisten I, Yaminurizal dan Asisten II, Sumiramis.

Dalam rapat itu, Genius Umar mengatakan ada beberapa hal yang perlu di evaluasi terutama soal pencapaian dan realisasi kegiatan fisik dan anggaran, program pembangunan 2021 dengan kendala yang dihadapi dalam kondisi pandemi Covid-19, kemudian evaluasi penurunan PAD dan retrebusi serta rekonsilidasi organisasi.

"Mengingat Kota Pariaman sebagai kota tujuan wisata, tentu semua jajaran memiliki tanggungjawab dalam menjaga kawasan wisata itu, tak kalah pentingnya bagaimana peran serta dari masyarakat juga harus diperlukan," kata Genius saat itu.

Baca Juga

Dia meminta pada dinas terkait untuk membina pedagang di kawasan wisata. Berikan mereka tanggungjawab untuk gotong royong pagi dan sore untuk membersihkan lapaknya di kawasan wisata itu.

Genius juga memerintahkan dinas terkait agar memenej pengaturan di kawasan wisata itu, bentuk satu tim terpadu yang mempelopori dalam menjaga kebersihan di lokasi wisata tersebut.

"Selain itu, pemko juga telah membantu pedagang dengan 30 unit kios di kawasan wisata Talao Pauh Pariaman, di tahun 2020 kemarin. Masih ada 10 unit lagi sisanya yang akan dibuatkan bagi para pedagang di tempat itu melalui bantuan dari dana CSR dari Bank Nagari, BRI dan BNI," ujar Genius.

Dikatakannya, di masa pandemi Covid-19 ini, semua dinas harus tetap produktif. Dirinya juga lebih senang ada kegiatan padat karya, karena hasil dikerja padat karya itu ada masyarakat bisa terima uangnya.

"Saya berharap walaupun dalam situasi Covid-19 namun rencana pembangunan fisik sesuai RPJMD Kota Pariaman bisa dikerjakan dengan sebaik-baiknya," ulas Genius.

Kemudian bagi para apparatus sipil negara (ASN) di Pemko Pariaman, Genius megimbau jangan bekerja secara rutinitas saja, bekerjalah dengan kreativitas dan ada inovasi barunya. Misalnya di sektor pertanian, tidak ada lahan kosong di Kota Pariaman bagaimana ASN mendorong agar masyarakat mau bertani.

Dengan adanya program mubaligh bertani diharapkan peran penyuluh pertanian untuk langsung turun ke lapangan. Ketika hasil produk pertanian bisa dilihat, berarti keberadaan pemko memberikan nilai tambah terhadap masyarakat, dari sisi produksinya, pemasarannya, kualitas dan lainnya.

Seterusnya, Genius juga perintah untuk mengaktifkan tugas dan peran Sat Pol PP, yang perlu di backup oleh kecamatan. Kasi Trantib kecamatan itu adalah Kepala Sat Pol PP di kecamatan akan tetapi dibina oleh Kasatpol PP Kota Pariaman.

"Tugasnya Pol PP Kecamatan itu adalah untuk mengecek keamanan dan ketertiban di kecamatan, mengecek kinerja dubalang di desa-desa," kata Genius Umar.

Komentar