280 Guru Paud Pariaman Terima Bantuan Baznas

Edukasi-56 hit 06-01-2021 15:13
Para guru PAUD honorer saat terima bantuan Baznas yang diserahkan Wali Kota Pariaman, Genius Umar, Rabu (6/1). (Dok : Istimewa)
Para guru PAUD honorer saat terima bantuan Baznas yang diserahkan Wali Kota Pariaman, Genius Umar, Rabu (6/1). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Pariaman, Arunala -- Wali Kota Pariaman, Genius Umar menyampaikan guru PAUD punya peran strategis dalam peradaban bangsa, karena mereka mengemban tugas untuk membangun karakter anak, apalagi anak usia dini yang masih polos yang nanti akan menjadi bekal bagi mereka ketika dewasa nanti.

Hal tersebut disampaikan Genius Umar ketika acara penyerahan bantuan untuk guru honorer PAUD dari Baznas Kota Pariaman, di musala Balaikota Pariaman, Rabu (6/1).

"Bantuan yang diberikan merupakan zakat yang dikumpulkan oleh Baznas Kota Pariaman yang berasal dari ASN Pemko Pariaman, untuk itu saya berharap para tenaga pendidik honorer PAUD yang menerima bantuan ini, bisa memanfaatkannya dengan baik," kata Genius.

Dirinya secara khusus mengucapkan terimakasih atas sumbangsih yang telah diberikan guru Paud dalam membentuk karakter bangsa dan untuk kemajuan Kota Pariaman.

"Profesi sebagai guru sering disebut sebagai profesi mulia, sehingga masyarakat memandang guru sebagai orang yang memiliki kewibawaan dan keteladanan yang baik. Ajarkanlah anak usia dini untuk mempunyai karakter yang kuat, seperti membiasakan membuang sampah pada tempatnya, salat tepat waktu dan lain sebagainya, sehingga akan terus terekam dalam pribadi mereka ketika mereka dewasa nanti," pinta Genius.

Dia berharap, kedepan para guru Paud dapat menunaikan tugasnya dengan baik, sehingga dapat membantu pemko meningkatkan kecerdasan dan karakter generasi muda dalam menghadapi persaingan global.

Sementara itu, Ketua Himpaudi (Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia) yang juga Bunda PAUD Kota Pariaman, Lucyanel Genius mengatakan bantuan dari Baznas ini, adalah bentuk lain dari upaya Baznas menambah pendapatan guru Paud yang honornya tidak seberapa.

"Kota Pariaman telah menganggarkan insentif untuk guru Paud, tapi kami rasa jumlah tersebut masih kecil, sehingga kami bekerjasama dengan Baznas Kota Pariaman, untuk menerima bantuan juga dari Baznas yang kami rasa guru Paud ini, layak untuk menerimanya," tuturnya.

Ketua Baznas Kota Pariaman, Jomohor mengatakan pihaknya menyalurkan zakat untuk 280 orang para guru Paud di kota itu. Masing-masing mereka nantinya akan menerima zakat sebesar Rp350 ribu.

"Kami berharap, sedikit bantuan yang baznas berikan ini, akan bermanfaat bagi para guru Paud untuk menambah penghasilan mereka, dan sedikit meringankan beban hidup yang terkena imbas dari Pandemi Covid-19 saat ini," ungkapnya mengakhiri.

Komentar