Basnaz Pariaman Bantu 10 Orang Pedagang Sayur Keliliang

Ekonomi-19 hit 06-01-2021 19:50
Wali Kota Genius Umar menyerahkan bantuan modal dari Baznas kepada para pedagang sayur keliling di kota itu, Rabu (6/1). (Dok : Istimewa)
Wali Kota Genius Umar menyerahkan bantuan modal dari Baznas kepada para pedagang sayur keliling di kota itu, Rabu (6/1). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Pariaman, Arunala -- Sebanyak 10 orang pedagang sayur keliling yang ada di Kota Pariaman dapat bantuan dari Baznas kota tersebut, Rabu (6/1).

Bantuan yang diberikan berupa modal usaha sebesar Rp1,5 juta per orangnya dan diserahkan langsung Wali Kota Pariaman, Genius Umar di halaman musala Balaikota Pariaman.

Ketua Baznas Pariaman, Jomohor menjelaskan bantuan modal usaha itu diberikan bari 10 pedagang sayur keliling. Tahap awal akan dibagikan kepad empat orang dulu, sedangkan yang enam orang lagi menunggu kelengkapan berkas mereka

Baca Juga

"Untuk masing-masing pedagang, kami bantu modal usaha sebesar Rp1,5 juta per orang, bantuan ini nantinya bisa dibelikan untuk bahan jualan mereka, yang nantinya akan meningkatkan hasil jualannya, sehingga akan tercipta peningkatan pendapatan dan kesejahteraan hidup para pedagang sayur keliling ini," kata Jomohor.

Selain itu, Baznas juga memberikan stiker pada setiap gerobak pedagang sayur keliling yang sudah mendapatkan bantuan dari Baznas Kota Pariaman.

Sedangkan Wali Kota Pariaman, Genius Umar bantuan yang diberikan Baznas itu merupakan zakat yang dikelola oleh lembaga itu.

Dia menilai zakat yang dikeluarkan Baznas itu memang tepat, karena saat pandemi ini seluruh lini kehidupan dan ekonomi masyarakat lumpuh, sehingga banyak keluarga yang terkena imbas akibat pandemi itu.

"Pedagang sayur keliling ini merupakan tulang punggung bagi keluarganya, dengan adanya pandemi Covid-19 mereka terdampak, karena itu dengan adanya bantuan modal usaha dari Baznas ini kiranya dapat membantu mereka agar tetap bisa bertahan," kata Genius Umar.

Genius menyampaikan, setelah menrima zakat (mustahiq), pedagang ini diminta untuk tetap berusaha secara istiqomah, kedepan nanti bisa menjadi pemberi zakat (muzakki) dan nantinya usaha yang bapak ibu tekuni saat ini akan semakin berkembang.

Komentar