Desa Rambai Gelar Buru Babi dengan Porbi

Metro-28 hit 21-01-2021 17:16
Peserta buru babi di Desa Rambai bersama Wali Kota Pariaman, Genius Umar, Kamis (21/1). (Dok : Istimewa)
Peserta buru babi di Desa Rambai bersama Wali Kota Pariaman, Genius Umar, Kamis (21/1). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Pariaman, Arunala -- Serangan hama babi yang sering terjadi di Desa Rambai Kecamatan Pariaman Selatan Kota Pariaman, membuat pemerintahan desa setempat mengadakan kegiatan buru babi dan pelaksanaannya ditinjau langsung Wali Kota Pariaman, Genius Umar, Kamis (21/1).

Kegiatan buru babi ini Persatuan Olahraga Buru Babi (PORBI) Kota Pariamandan melibatkan dua kenagarian yakni Kanagarian Kuraitaji dan Lareh Nan Panjang,Kecamatan Pariaman Selatan.

Kedatangan Genius Umar dan rombongan pemko disambut langsung Kepala Desa Rambai, Arif Fuady bersama niniak mamak, dan perangkat desa tersebut.

"Hari ini (Kamis, red), Desa Rambai laksanakan pemberantasan hama babi bersama Porbi. Ini langkah baik untuk membasmi hama babi tersebut. Sampai saat ini hama babi sudah banyak menyerang lahan pertanian masyarakat khususnya di Desa Rambai," kata Genius.

Genius juga mengingatkan peserta buru babi untuktidak menginjak atau merusak tanaman masyarakat, tidak membuang puntung rokok sembarangan agar tidak terjadi kebakaran, serta peliharaan masing-masing agar selalu dijaga agar tidak melukai hewan ternak.

Sementara itu Kepala Desa Rambai, Arif Fuady mengatakan kegiatan ini dilaksanakan karena mendengar banyaknya keluhan masyarakat tentang hama babi di desa itu.

"Kegiatan buru babi yang laksanakan ini merupakan hasil dari kesepakatan seluruh masyarakat dan pemangku adat di Desa Rambai serta persetujuan pimpinan daerah. Semoga saja setelah kegiatan ini, tidak ada lagi hama babi yang menyerang lahan pertanian masyarakat," kata Arif Fuady.

Komentar