BPKPD Pariaman Gelar Bimtek Laporan Keuangan

Metro-23 hit 08-02-2021 17:22
Kepala BPKB Pariaman, Buyung Lapau beri arahan pada Bimtek penyusunan laporan keuangan bagi OPD Pemko Pariaman, Senin (8/2). (Dok : Istimewa)
Kepala BPKB Pariaman, Buyung Lapau beri arahan pada Bimtek penyusunan laporan keuangan bagi OPD Pemko Pariaman, Senin (8/2). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Pariaman, Arunala - Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) Kota Pariaman melakukan bimbingan teknis (Bimtek) penyusunan laporan keuangan bagi OPD 2020 bagi Kasubag Keuangan, Bendahara Pengeluaran dan Bendahara Barang OPD Pemko Pariaman, di ruang rapat BPKPD, Senin (8/2).

Dalam bimtek itu, Kepala BPKB Pariaman, Buyung Lapau mengatakan tujuan bimtek ini untuk meningkatkan kemampuan aparat atau pejabat penyusunan laporan keuangan di masing-masing OPD.

"Selain itu, juga dilakukan sharing kepada pejabat keuangan yang baru dalam penyusunan laporan keuangan," ungkap Buyung Lapau.

Baca Juga

Lebih lanjut, dia menerangkan penyusunan laporan keuangan OPD juga untuk meningkatkan akurasi dan validasi data.

"Artinya laporan keuangan dari OPD tersebut setelah dibimtek hasilnya mendapat keakuratan dan validasinya tinggi karena kualitas laporan keuangangan OPD itu mempengaruhi kulitas laporan keuangan pemerintah daerah. Sebab, laporan keuangan pemerintah daerah tersebut merupakan kompilasi dari masing-masing laporan keuangan OPD", imbuhnya.

Ia juga menuturkan kegiatan ini dilaksanakan secara bergelombang yang diselenggarakan selama tiga hari mulai tanggal 8 hingga 10 Februari 2021.

"Sengaja kami bagi tiga hari, selain untuk mematuhi protokol kesehatan kami juga menginginkan untuk memaksimalkan bimtek dimasing-masing OPD bisa terlayani dengan baik", tambahnya.

Buyung Lapau berharap dapat peserta dapat mengikuti kegiatan ini secara baik dan maksimal agar tujuan dari pelaksanaan kegiatan bisa tercapai dalam meningkatkan akurasi dan validasi data tinggi serta bisa menularkan pemahaman atas penyusunan laporan keuangan dengan tujuan akhirnya adalah untuk dapat mempertahankan Opini WTP berikutnya. (*).

Komentar