Disparbud Bentuk Tim Kreatif Kecamatan

Wisata-29 hit 09-02-2021 13:33
Kepala Disparbud Pariaman, Dwi Marhen Yono bersama Camat Pariaman Timur, M Arif Gunawan seusai pembentukan tik kreatif kecamatan, Selasa (9/2). (Dok : Istimewa)
Kepala Disparbud Pariaman, Dwi Marhen Yono bersama Camat Pariaman Timur, M Arif Gunawan seusai pembentukan tik kreatif kecamatan, Selasa (9/2). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Pariaman, Arunala - Untuk mempromosikan wisata Kota Pariaman lebih baik lagi, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Pariaman membentuk timkreatif dari Kecamatan Pariaman Timur, di Balairung Walikota PariamanTimur, Selasa (9/2).

Pembentukan tim yang terdiri dari tiga orang masing-masing desa di kecamatan itu.

"Hari ini kami kembali bentuk tim kreatif untuk mempromosikan wisata Kota Pariaman sampai ketingkat desa. Pembentukan tim kreatif dilakukan perkecamatan dan saat ini yang kita bentuk adalah tim kreatif dari Kecamatan Pariaman Timur, ' ungkap Kepala Disparbud Pariaman, Dwi Marhen Yono.

Baca Juga

Banyak sekali potensi wisata yang ada di Pariaman yang belum diketahui banyak orang. Wisata Kota Pariaman tidak hanya ada dipusat kota melainkan dipelosok desapun banyak sekali destinasi wisata yang indah dan masih asri.

"Inilah salah satu tugas dari tim kreatif. Mereka cukup memposting di media sosial desa dan pribadi apa saja kegiatan di desa masing-masing yang belum diketahui orang banyak, seperti prosesi makan bajamba, malamang, silek atau hal lainnya yang patut untuk dipublikasikan. Karena wisata tidak hanya melihat tempat - tempat yang indah namun kegiatan - kegiatan tradisional yang nyaris hilangpun adalah salah satu wisata yang bisa kita angkat," kata Marhen.

Tim kreatif merupakan sebuah tim yang beranggotakan orang orang kreatif dan mempunyai skill dalam pemasaran pariwisata. Tugasnya menggali keunikan yang ada di desa masing - masing dan mempromosikannya di media sosial sehingga dikenal banyak orang.

"Target kami adalah mempunyai tim kreatif sebanyak mungkin. Team kreatif setiap harinya mencari dan menggali setiap keunikan yang ada di kota pariaman, baik potensi alam, budaya dan kuliner, melakukan pengolah data maupun informasi berupa tulisan lisan, gambar, maupun video untuk dapat disajikan kepada khalayak ramai dan terakhir adalah promosi. Promosi adalah ujung tombak bagaimana pariwisata kita dapat dikenal, dan promosi ini juga jalan bagi kita untuk mengenalkan pariaman lebih luas, " ujarnya.

Sementara itu Kepala Dinkominfo Pariaman diwakili Kepala Bidang Informasi Komunikasi Publik Eka Putra Pernanda mengapresiasi kegiatan ini dan mengucapkan terima kasih atas kerjasama selama ini kepada seluruh tim kreatif yang telah ataupun yang belum dibentuk.

"Kegiatan ini sangat efektif sekali dilakukan untuk meningkatkanpromosi Kota Pariaman. Apapun bentuk kegiatannya, kami Dinas Kominfo akan selalu mendukung tim kreatif dalam melakukan promosi. Misalkan saja tim ingin belajar untuk mengambil gambar yang lebih baik, kami siap membantu secara gratis. Caranya tim bisa datang ke kantor Dinas Kominfo komplek Balaikota Pariaman," ungkapnya.

Camat Pariaman Timur, M Arif Gunawan menyebutkan pembentukan tim kreatif kecamatan bertujuan mempromosikan desa wisata, dan kecamatan akan selalu siap mendukung.

"Kami di kecamatan akan selalu mendukung tim kreatif Kecamatan Pariaman Timur dalam melakukan promosi. Misalkan saja tim terkendala dalam peket internet, tim bisa mengupload informasi tersebut di kantor camat Pariaman Timur Kota Pariaman. Atau tim kehabisan bahan untuk promosi, kita bisa bertukar fikiran bersama tim lain.Karena promosi akan lebih baik bila dilakukan bersama - sama," kata Arif Gunawan.

Komentar