Menteri Perdagangan Diundang pada Peresmian Pasar Rakyat

Ekonomi- 10-02-2021 17:46
Wali Kota Genius Umar saat berdialog langsung secara virtual dengan Menteri Perdagangan, Muhammad Lutfi menyangkut rencana peresmian Pasar Rakyat Kota Pariaman, Rabu siang (10/2). (Dok : Istimewa)
Wali Kota Genius Umar saat berdialog langsung secara virtual dengan Menteri Perdagangan, Muhammad Lutfi menyangkut rencana peresmian Pasar Rakyat Kota Pariaman, Rabu siang (10/2). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Menteri Perdagangan Diundang Diperesmian Pasar Rakyat

Pariaman, Arunala - Rangka tindak lanjut dari peresmian Pasar Rakyat Pariaman, Wali Kota Genius Umar berdialog langsung dengan Menteri Perdagangan RI, Muhammad Lutfi melalui rapat virtual, Rabu siang (10/2) pukul 14.00 WIB.

Genius Umar mengungkapkan bila Pasar Rakyat Pariaman direncanakan akan diresmikan Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) pada 31 Maret 2021 nanti, karena itu dirinya mengajak Muhammad Lutfi untuk turut hadir dalam acara peresmian tersebut.

Baca Juga

"Kami sudah mengirimkan surat kepada Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg), Pratikno untuk kehadiran Presiden RI dalam peresmian Pasar Rakyat Kota Pariaman, dan Alhamdulillah, Mensesneg sudah membalas surat kami dengan kesediaan Presiden untuk hadir dan meresmikan pasar ini," ucap Genius Umar didampingi Kepala Dinas Perindagkop dan UKM Pariaman, Guzniyeti Zaunit di Hotel Lumire, Jakarta.

Surat Mensesneg Nomor B-70/M/Sesneg/D-2/HL.02.02/01/2021 per tanggal 29 Januari 2021, ditandatangani langsung Mensesneg, Pratikno dan ditujukan ke Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), perihal pemberitahuan kehadiran Presiden RI dalam peresmian Pasar Rakyat Pariaman.

Selain melakukan rapat secara langsung dengan Menteri Perdagangan, Genius juga memaparkan perkembangan pembangunan Kota Pariaman, dan strategi pembangunan masjid terapung Pariaman yang memerlukan biaya cukup besar.

"Pada kesempatan ini saya meminta dukungan pak menteri itu untuk membantu kelanjutan pembangunan masjid terapung Pariaman, mengingat kota ini adalah jalur masuknya Islam pertama ke Sumbar," jelasnya.

Pada kesempatan tersebut, Muhammad Lutfi mendukung peresmian Pasar Rakyat Pariaman itu, dan selanjutnya dia akan berkoordinasi dengan Kementerian PUPR untuk mendampingi Presiden ke Pariaman.

"Kami menyambut baik apa yang sudah Wali Kota Pariaman lakukan untuk membangun kotanya dengan menggaet dana APBN, terlebih untuk pembangunan dan pasar rakyat. Program ini sejalan dengan program prioritas Presiden yaitu revitalisasi pasar tradisional," tutur M Lutfi.

Menurut mantan Duta Besar RI untuk Amerika Serikat ini, pembangunan dan revitalisasi pasar tradisional diperlukan untuk mendukung kenyamanan kegiatan belanja masyarakat. Dengan begitu, aktivitas perdagangan domestik di pasar tradisional kian nyaman dan kondusif.

Komentar