Desa Cimparuah Wakili Sumbar ke Nasional

Metro- 18-02-2021 14:34
Kawasan Lingkungan Bersih dan Sehat Desa Cimparuah Kota Pariaman. (Dok : Istimewa)
Kawasan Lingkungan Bersih dan Sehat Desa Cimparuah Kota Pariaman. (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Pariaman, Arunala -- Desa Cimparuah, Kecamatan Pariaman Tengah, Kota Pariaman menjadi wakil Sumbar pada kegiatan kesatuan gerak pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga, bangga kencana kesehatan ke tingkat nasional.

Kepastian desa ini jadi wakil Sumbar tertuang dalam Surat Keputusan (SK) Gubernur Sumbar Nomor : 476-31-2021, tentang kegiatan itu untuk tingkat nasional karena desa ini jadi terbaik I dalam lomba perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), yang diadakan provinsi beberapa waktu lalu.

Terkait hal tersebut, Kepala Desa Cimparuah, Maifialdi mengucapkan terimakasihnya pada semua pihak yang telah mendukung sekaligus membina kegiatan tersebut, seperti Wali Kota Pariaman, Camat Pariaman Tengah, TP-PKK Pariaman, dan pihak lainnya.

"Prestasi ini merupakan hadiah bagi masyarakat Desa Cimparuah yang telah mau bekerja keras, berusaha, dan berpartisipasi dalam rangka mewujudkan PHBS di rumah tangga mereka masing-masing," kata Maifialdi di Pariaman, Kamis (18/2).

Dengan adanya prestasi ini, ujarnya, dia bersama perangkat desa setempat akan makin meningkatkan motivasi dari masyarakat Desa Cimparuah kedepannya untuk tetap mempertahankan PHBS ini," sebutnya.

"Capaian yang diraih ini, kedepannya akan kami pacu terus. Untuk itu kami di desa akan selalu memberikan dan meningkatkan pembinaan kepada masyarakat, agar kesadaran mereka untuk PHBS selalu tercipta kapanpun dan dimanapun mereka berada demi untuk kesehatan mereka sendiri," terang Kades Cimparuah ini.

Hal senada juga disampaikan Camat Pariaman Tengah, Ferry Ferdian Bagindo Putra yang menjelaskan banyak sekali manfaat yang didapatkan dari penerapan PHBS di rumah tangga, ataupun dilingkungan kita masing-masing.

"Saya bangga dengan apa yang telah dilakukan oleh masyarakat Desa Cimparuah, dan apresiasi untuk prestasi yang telah dicapainya di tingkat Sumbar, dan bersiap-siap untuk maju ke tingkat nasional," ujar Camat Pariaman Tengah ini.

Dari kecamatan, terangnya, akan selalu memantau perkembangannya dan meningkatkan pembinaan kepada mereka, akan pentingnya peran dari PHBS ini diterapkan, dan mampu meminimalisasi munculnya penyakit ditengah-tengah masyarakat, sehingga tercipta keluarga kecil bahagia dan sejahtera," kata Ferry Ferdian Bagindo Putra.

Komentar