Pariaman Raih Anugerah Nirwasita Tantra 2020 dari KLHK

Metro-175 hit 15-06-2021 20:13
Wali Kota Genius Umar dan beberapan jajarannya mengikuti vidcon penganugerahan Nirwasita Tantra dari KLHK, Selasa (15/6). (Dok : Istimewa)
Wali Kota Genius Umar dan beberapan jajarannya mengikuti vidcon penganugerahan Nirwasita Tantra dari KLHK, Selasa (15/6). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Pariaman, Arunala -- Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI memberikan penghargaan Nirwasita Tantra kepada Pemko Pariaman untuk Kategori Kota Kecil. Penghargaan ini diberikan langsung Menteri LHK, Siti Nurbaya melalui video conference (vidcon), Selasa (15/6).

Anugarah Nirwasita Tantra merupakan penghargaan bagi kepala daerah yang berhasil merumuskan dan menerapkan kebijakan sesuai metodologi pembangunan berkelanjutan, guna memperbaiki kualitas lingkungan hidup di setiap daerahnya.

"Alhamdulillah, berdasarkan penilaiaan KLHK, Kota Pariaman dapat penghargaan Nirwasita Tantra 2020. Penghargaan ini berkat kerja nyata semua pihak di Kota Pariaman dalam memperbaiki kualitas lingkungan hidup di kota ini," kataWali Kota Pariaman, Genius Uman seusai mengikuti vidcon tersebut.

Lebih lanjut Genius menuturkan pemkonya telah banyak membuat kebijakan yang pro lingkungan hidup, sehingga pembangunan infrastruktur harus tetap memperhatikan keberlangsungan lingkungan yang berkelanjutan.

"Kami di pemko menggunakan prinsip prinsip green, sehingga terjalinnya kelanjutan ekosistem lingkungan hidup dan memanfaatkan nya untuk dijadikan destinasi eco tourism seperti Pariaman Mangrove Park, yang kemudian merawat lokasi itu bersama masyarakat dan komunitas, serta di sana juga ada penangkaran penyu yang telah menjadi kunjungan wisatawan nasional daninternasional," tukasnya.

Sementara, Menteri LHK, Siti Nurbaya dalam arahanya mengatakan agar kepala daerah mesti menjaga dan memelihara lingkungan hidup yang ada di daerah nya.

"Keberhasilan seorang kepala daerah antara lain ditopang dua hal yaitu programnya didukung oleh DPRD atau legislatif, dan implementasi programnya dilaksanakan oleh birokrasi yang baik," ungkap Menteri LHK ini

"Dengan pemberian penghargaan tersebut, KLHK berharap akan terwujud pengelolaan lingkungan hidup yang semakin baik di daerah. Hal itu akan berdampak pada kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat," ungkap Siti Nurbaya.

Komentar