Nanny Hadi Tjahjanto Kagumi KBN Sungai Pisang Padang

Ekonomi- 18-06-2021 22:05
Ketua Harian II Dekranas pusat, Nanny Hadi Tjahjanto, didamping Danlantamal II Padang, Laksamana Pertamana TNI Hargianto saat melihat karya UMKM binaan Lantamal II Padang, Kamis (17/6).
Ketua Harian II Dekranas pusat, Nanny Hadi Tjahjanto, didamping Danlantamal II Padang, Laksamana Pertamana TNI Hargianto saat melihat karya UMKM binaan Lantamal II Padang, Kamis (17/6).

Penulis: Arzil

Padang, Arunala -- Produk UMKM yang dipamerkan pelaku usaha ini di sebuah booth (stand, red) di Kampung Bahari Nusantara (KBN), Sungai Pisang, Teluk Kabung, Padang, dikagumi Wakil Ketua Harian II Dekranas pusat yang juga Istri Panglima TNI, Nanny Hadi Tjahjanto, Kamis (17/6) kemarin.

Kehadiran Nanny Hadi Tjahjanto ke kampung bahari itu dalam rangka peresmian kegiatan Sinergitas Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) dan Dekranasda Sumbar bersama Lantamal II Padang. Dan dirinya melihat banyak produk UMKM yang dihasilkan pelaku UMKM yang pajang tempat acara dilangsungkan.

Dalam peresmian itu hadir juga Ketua Jalasenantri Lantamal II Padang, Santi Diansari Hargianto, dan Ketua Dekranasda Sumbar, Harneli Bahar.

Baca Juga

Di kesempatan itu, Nanny Hadi Tjahjanto, menyebut keberadaan Kampung Bahari Nusantara merupakan potensi besar untuk peningkatan ekonomi masyarakat pesisir pantai. Di samping itu juga menunjang ketahanan pangkalan utama laut dengan membangun sarana dan fasilitas umum dan juga akan mendorong perkembangan wisata Kota Padang.

Terkait soal hasil kerajinan dari UMKM, Nanny mengatakan potensi kerajinan masyarakat pelaku UMKM di Sumbar sangat besar. Khususnya kerajinan sulaman, bordir, tenun, cendramata dan kuliner.

Untuk itu pemerintah daerah agar bisa memberikan program-program untuk menyiapkan perajin yang unggul dengan produk yang berdaya saing. Termasuk, juga mendorong kemitraan dengan berbagai lembaga nasional maupun internasional untuk meningkatkan pemasaran.

Disamping itu, lanjutnya, Dekranas juga mendorong pelaku usaha agar lebih memanfaatkan digital marketing melalui medsos.

"Yang paling penting adalah, identitas tradisional kerajinan kita harus tetap dipertahankan. Sumbar itu sangat potensial," tutur Nanny.

Ketua Jalasenatri Lantamal II Padang, Santi Dian Sari mengatakan, akan terus melakukan pembinaan perekonomian masyarakat pesisir dan lainnya, sesuai arahan wakil ketua II Dekranas pusat tersebut, karena ini merupakan pengabdian pada negara.

"Kami merasa bangga atas kunjungan ibu panglima yang merupakan wakil ketua umum dekranas pusat, Ini merupakan bukti nyata kepedulian terhadap masyarakat, apa lagi saat ini masa pandemi dan amat perlu motivasi bagi masyarakat dalam menjalankan usaha perekonomiannya," tutur Santi.

Untuk diketahui, Kampung Bahari Nusantara (KBN) Sungai Pisang, Padang merupakan bagian penting dari pembinaan potensi maritime yang diberikan Lantaman II Padang, khususnya masyarakat pesisir dalam wujud kampung bahari nusantara. (*)

Komentar