Rumah Sakit Masih Kekurangan APD

Metro-144 hit 08-04-2020 07:33
DPD Golkar Sumbar secara simbolis serahkan puluhan APD kepada RS Unand dan RSUD Rasyidin Padang, Selasa sore (7/4).(Foto : Amz)
DPD Golkar Sumbar secara simbolis serahkan puluhan APD kepada RS Unand dan RSUD Rasyidin Padang, Selasa sore (7/4).(Foto : Amz)

Penulis: Amazwar Ismail | Editor: MN. Putra

Padang, Arunala - Dua rumah sakit (RS) di Padang yakni RS Unand dan RSU Rasyidin Padang akui masih kekurangan Alat Pelindung Diri (APD) dalam upaya mengobati pasien Covid-19.

Hal ini terungkap saat kedua pihak rumah sakit ini usai menerima bantuan masing-masing 50 pcs APD yang diserahkan DPD Golkar Sumbar, di kantor DPD tersebut, Selasa sore (7/4).

Kepala bidang (Kabid) Pelayanan RS Unand Padang, Harvindo menyebutkan untuk masalah APD bagi rumah sakitnya dinilai masih kurang mencukupi.

Baca Juga

"Jika Jumat lusa nanti Rumah Sakit Unand dijadikan tempat penanganan pasien positif Covid-19, tentu jumlah APD yang kami butuhkan cukup banyak," kata Harvindo kepada Arunala.com usai terima bantuan APD dari Golkar Sumbar.

Dikatakannya, saat ini pihak RS Unand sudah merawat pasien yang masih dikategorikan Covid-19, dan untuk Jumat (10/4) mendatang kami akan menerima pasien positif Covid-19.

"Ini sudah pasti berhubungan dengan ketersediaan APD dan fasilitas pendukung lainnya seperti ruang isolasi untuk penanganan pasien Covid-19 itu," jelasnya.

Dia juga menjelaskan, untuk penanganan satu pasien positif saja akan menghabiskan 10 APD dalam sehari, dan masa isolasi itu ada 14 hari. Maka itu diperkirakan akan habis 140 APD dalam penanganan untuk satu pasien Covid-19.

"Satu hari 10 APD, bayangkan 14 hari berarti kami butuh APD 140 dalam menangani satu pasien," kata Harvindo.

Penjelasan Ketua DPD Golkar Sumbar Khairunas mengatakan bantuan yang diserahkan berasal dari DPP Golkar melalui DPD.

"In Syaa Allah kegiatan ini berlanjut, sekarang masih ada bantuan yang menuju ke sini, dan masih dalam perjalanan," katanya.

Data yang didapat dari DPD Golkar Sumbar, sebanyak 200 APD yang diserahkan hari itu. Rinciannya RS Unand, RSUD Rasyidin Padang, RSUD

Muaro Labuh Solok Selatan yang masing-masingnya menerima 50 APD.

Sedangkan RSUD Aro Suka Solok dan RSUD Pasbar masing-masing mendapat 25 APD.

Khairunas juga mengatakan sesampai di DPD Golkar, bantuan tersebut akan langsung diberikan kepada yang membutuhkan.

"Iya nanti kalau sudah sampai akan segera kami distribusikan, kita tidak mau lama-lama disimpan, karena diluar sana orang lebih banyak yang membutuhkan," ujar Khairunas.

Komentar