Program Desa dan OPD Harus Disinkronkan

Metro- 05-04-2021 16:13
Sejumlah kepala OPD di Pariaman mendengarkan arahan Wali Kota Genius Umar dalam forum OPD yang dilaksanakan Bappeda setempat, Senin (5/4). (Dok : Istimewa)
Sejumlah kepala OPD di Pariaman mendengarkan arahan Wali Kota Genius Umar dalam forum OPD yang dilaksanakan Bappeda setempat, Senin (5/4). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Pariaman, Arunala -- Wali Kota Pariaman, Genius Umar membuka Forum Organisasi Perangkat Daerah (OPD) 2021 yang digelar Bappeda kota setempat di aula Balaikota Pariaman, Senin (5/4).

Dalam rapat forum itu, Genius Umar meminta agar semua OPD di kota itu mensinkronkan semua program dalam percepatan pembangunan-nya OPD di kota itu. Baik menyangkut program yang telah dikerjakan selama tiga tahun belakangan dan dua tahun kedepan agar meneruskan visi dan misi serta program unggulan Pemko Pariaman periode 2018-2023.

"Program-program yang ada di desa dan program desa yang ada di OPD agar sama-sama disinkronkan. Kepada semua OPD, mana saja standar pelayanan umum dari masing-masing OPD agar tetap menjadikan pariwisata program unggulan. Termasuk pemerintahan desa, bagaimana kontribusi Pemko Pariaman terhadap desa dan mudah-mudahan pada tahun 2022 dan tahun 2023 bisa diselesaikan dengan baik," kata Genius.

Baca Juga

Lebih lanjut, Ia juga menuturkan bahwa untuk membangun komitmen bersama dalam rangka peningkatan pelayanan, seluruh program yang ada di pemerintah pusat kemudian pemerintah provinsi hingga kepada pemerintah daerah kemudian turun ke tingkat kecamatan dan kelurahan/desa keseluruhannya harus sinkron dan sinergis sehingga pada akhirnya nanti outputnya yang dihasilkan dapat berkualitas.

"Semua partisipasi semua OPD, pemerintahan desa dan semua tokoh masyarakat untuk membangun kota ini sangat diharapkan, sehingga kita terus melakukan percepatan pembangunan", ulasnya.

"Dalam prospektif pembangunan yang ada di Kota Pariaman ini serta apa yang dikerjakan sangat diperhatikan oleh pemerintah pusat. Maka dari itu, semua dukungan dari semua pihak dalam memperkuat kapasitas perencanaan pembangunan, sehingga dapat terarah, terkendali dan dirasakan langsung oleh masyarakat," tutupnya.

Komentar