Lutfi: Pasar Rakyat Didorong Jadi Icon Wisata

Metro-33 hit 06-04-2021 18:25
Menteri Perdagangan, Muhammad Lutfi beri sambutan saat peresmian Pasar Rakyat Pariaman, Selasa (6/4). (Dok : Istimewa)
Menteri Perdagangan, Muhammad Lutfi beri sambutan saat peresmian Pasar Rakyat Pariaman, Selasa (6/4). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Pariaman, Arunala -- Menteri Perdagangan (Mendag) RI, Muhammad Lutfi mengatakan sesuai dengan salah satu misi dari Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) adalah, adanya pembangunan yang merata dan berkeadilan. Untuk mendukung terwujudnya misi tersebut, maka pemerintah berkomitmen terus melakukan pembangunan, revitalisasi pasar rakyat di seluruh kabupaten kota di Indonesia.

Penegasan ini disampaikan Lutfi saat beri sambutannya pada peresmian Pasar Rakyat Pariaman, Selasa (6/4).

"Setelah pasar ini dibangun dan dioperasikan pemakaiannya, saya mohon kepada Pemko Pariaman, agar segera mengirimkan permintaan hibahkarena ini adalah masalah administrasi yang penting sekali untuk merelokasi pedagang sesuai dengan zonasi yang ditetapkan, serta memanfaatkan pasar yang megah ini," kata Lutfi.

Baca Juga

Agar pasar tetap bersih, tertata, aman, dan sehat, Lutfi meminta Wali Kota hendaknya segera menetapkan pengelolaan pasar, mengingat pasar ini cukup luas. Pengelola pasar juga dapat berbentuk Perumda dengan building manager yang andal, dengan menerapkan Standar Nasional Indonesia (SNIO) Pasar Rakyat.

"Intinya, kami ingin menitipkan pengelolaan dan pemeliharaan pasar dapat dilakukan dengan sebaik-baiknya, dengan demikian dalam jangka panjang pasar akan tetap nyaman untuk pedagang dan sekaligus bisa menarik konsumen untuk berbelanja," sebut Lutfi lagi.

Menteri Perdagangan ini juga menjelaskan, Pasar Rakyat Pariaman memiliki aspek sosial dan budaya masyarakat setempat, aspek sosial budaya inilah yang menjadi nilai unik tersendiri bagi pasar pariaman, oleh karenanya pasar ini dapat didorong menjadi salah satu icon wisata di Kota Pariaman, khususnya untuk wisata belanja.

Lebih lanjut dia menyampaikan, ini adalah salah satu cara untuk bersaing dengan pasar-pasar modern yang memang pada saat ini tidak bisa terelakkan. Jadi ini adalah bentuk alternatif dari pemerintah untuk memberikan kesempatan kepada pedagang-pedagang lokal, dan juga kepada pedagang-pedagang yang masih bersifat UMKM.

"Kami harap, rakyat akan terus merasakan kehadiran pemerintah secara nyata. Sekali lagi kami ucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang telah menyukseskan pembangunan PRKP ini, mulai dari perencanaan hingga terbangunnya pasar, terutama kepada Kementerian PUPR beserta seluruh jajarannya," Lutfi.

Komentar