Wapres Minta Pasar Rakyat Harus Sehat

Ekonomi-37 hit 06-04-2021 17:17
Wapres Ma'ruf Amin didamping Gubernur Sumbar dan Wako Pariaman menggunting pita peresmian Pasar Rakyat Pariaman, Selasa (6/4). (Dok : Istimewa)
Wapres Ma'ruf Amin didamping Gubernur Sumbar dan Wako Pariaman menggunting pita peresmian Pasar Rakyat Pariaman, Selasa (6/4). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Pariaman, Arunala -- Wakil Presiden RI, Ma'ruf Amin meresmikan Pasar Rakyat Pariaman, Selasa siang (6/4). Pasar ini merupakan bagian dari program lintas kementerian antar Kementerian Perdagangan, Kementerian PUPR dan Kementerian Koperasi dan UKM, dalam program nasional revitalisasi pasar rakyat di seluruh Indonesia.

Wapres Ma'ruf Amin menyebutkan Pemerintah memiliki komitmen untuk terus melakukan pembangunan dan revitalisasi untuk memberikan akses bagi para pedagang terutama untuk kalangan UMKM.

Hal ini disampaikan Wapres dalam pidatonya sebelum meresmikan Pasar Rakyat Pariaman, dirinya juga mengatakan, revitalisasi ini tidak melulu soal pembangunan fisik, namun juga meliputi revitalisasi manajemen, sosial dan ekonomi.

Baca Juga

Disamping itu, Pasar Rakyat Pariaman juga harus mampu menjadi pasar yang sehat, bersih, aman dan tertata sehingga mampu bersaing dengan pasar-pasar lainnya.

"Pemerintah daerah bersama pihak pengelola juga harus melakukan revitalisasi manajemennya dalam tata niaga dan pelayanan pasar ini. Inti dari semua aktivitas ini bermuara pada revitalisasi ekonomi untuk meningkatkan pendapatan para pedagang," kata Ma'ruf Amin.

Kemudian lanjut Wapres, revitalisasi budaya juga diperlukan untuk menciptakan lingkungan pasar yang berdampak positif serta dapat meningkatkan dinamika dan kehidupan sosial masyarakat, mengingat pasar merupakan tempat dengan interaksi dan mobilitas tinggi, serta mendorong agar pemerintah aktif juga mensosialisasikan serta melaksanakan vaksinasi Covid-19 kepada para pedagang pasar sebagai target penerima vaksinasi.

"Vaksinasi ini harus dilakukan, selain menjaga lingkungan pasar, tapi juga dalam rangka ketebalan kelompok supaya terbebas dari Covid-19. Pemerintah menargetkan pelaksanaan vaksinas harus mencapai 70 persen dari seluruh jumlah penduduk di Indonesia," jelasnya.

Hal ini juga penting untuk membangun geliat perekonomian daerah melalui transaksi perdagangan masyarakat yang sejalan dengan penerapan protokol kesehatan.

Dikatakannya, program revitalisasi pasar rakyat sangat bermanfaat untuk memulihkan ekonomi karena sifatnya dilakukan dengan padat karya.

Dengan selesainya revitalisasi Pasar Rakyat Pariaman ini saya berharap pasar ini mampu menjadi motor penggerak UMKM di Kota Pariaman.

Bagi pelaku UMKM, Wapres mengatakan, para pelaku industry ini harus dipastikan jadi pengisi setidaknya 360 unit kios di pasar ini, dan mengajak masyarakat Kota Pariaman dan sekitarnya memanfaat peran pasar ini secara optimal.

Wapres juga mengingatkan era digitalisasi, sebab capet atau lambat era ini akan terjadi di pasar rakyat. Untuk itu para pedagang perlu belajar dengan memanfaatkan teknologi yang ada.

"Pengelola pasar juga perlu membangun aplikasi, pangkalan data, kesempatan para pedagang untuk ke pasar daring ini juga harus difasilitasi, untuk itu saya minta pemerintah daerah juga berperan aktif memberikan afirmasi kebijakan yang dibutuhkan," kata Ma'ruf Amin.

Komentar