Disperindagkop Pariaman Latih Anggota Koperasi

Metro-29 hit 07-04-2021 13:26
Peserta pelatihan sedang dengarkan paparan nara sumber dalam pelatihan pembuatan laporan RAT Koperasi, Rabu (7/4). (Dok : Istimewa)
Peserta pelatihan sedang dengarkan paparan nara sumber dalam pelatihan pembuatan laporan RAT Koperasi, Rabu (7/4). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Pariaman, Arunala - Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi (Disperindagkop) dan UKM Kota Pariaman, menggelar pelatihan pembuatan laporan rapat anggota tahunan (RAT) dan laporan badan pengawas koperasi bagi anggota koperasi se Kota Pariaman.

Pelatihan ini berlangsung selama tiga (7-9 April 2021), di gedung pertemuan SMKN 2 Pariaman, dengan Narasumber Syafinal, dari Balai Latihan Koperasi Dinas Koperasi dan UKM Sumbar.

"Semakin tumbuh dan berkembangnya usaha Koperasi di Kota Pariaman, dirasa perlu mendapat perhatian yang khusus oleh Pemerintah Daerah Kota Pariaman untuk melakukan pembinaan secara kontiniu, untuk pengembanganan Koperasi tersebut kedepannya", ujar Gusniyeti Zaunit Kadis Perindagkop dan UKM Kota Pariaman dalam sambutannya ketika membuka acara pelatihan tersebut, Rabu (7/4).

Baca Juga

Gusniyeti Zaunit mengatakan, pembinaan tersebut selain memberikan motivasi dan pelatihan, juga disokong dengan pendampingan. Sebagai gambaran beliau menyampaikan bahwa perkembangan Koperasi di Kota Pariaman sebagai berikut, untuk jumlah Koperasi per 31 Desember 2020 berjumlah 88 unit.

Jumlah Koperasi Aktif sebesar 77 unit pada tahun 2020, Koperasi yang melaksanakan RAT sebesar 37 unit, atau 50 persen dari koperasi yang aktif. Artinya koperasi yang melaksanakan RAT separuh dari jumlah koperasi yang aktif.

Kadis Perindagkop dan UKM Kota Pariaman ini juga menyampaikan bahwa, tujuan yang hendak dicapai dari kegiatan ini antara lain adalah untuk meningkatkan pembinaan terhadap Koperasi, untuk memberikan pengetahuan tentang tatacara pembuatan laporan RAT dan Badan Pengawas Koperasi, untuk meningkatkan SDM pengurus dalam mengelola koperasi, dan untuk meningkatkan koperasi yang melaksanakan RAT pada tahun buku 2020, dengan sasarannya adalah pengurus koperasi yang ada di Kota Pariaman.

"Kita berharap dengan dilaksanakannya pelatihan yang diikuti oleh 40 orang peserta dari perwakilan masing-masing koperasi ini, akan bisa meningkatkan sumber daya pengurus dalam mengelola koperasi, serta dapat membuat laporan keuangan kedepannya, sehingga Koperasi yang akan melaksanakan RAT akan lebih meningkat", tutup Gusniyetti Zaunit.

Sementara itu Syafinal selaku narasumber dalam kegiatan tersebut menjelaskan ada sebelas materi yang akan beliau ajarkan kepada peserta pelatihan, diantaranya tentang pemahaman laporan keuangan, bukti transaksi, buku kas, rekap kas tabelaris, rekap kas, neraca lajur, penjelasan neraca, neraca komperatif, laporan SHU, daftar simpanan, dan pembagian SHU.

"Semoga dengan adanya pelatihan ini peserta dapat memahami pertanggung jawaban pengurus dan pengawas kepala koperasi, dalam menyusun laporan keuangan. Selain itu peserta juga bisa memberikan penjelasan pertanggung jawaban pengurus dan pengawas koperasi di bidang laporan keuangan", tegas Syafinal.

Komentar