Desa Pauh Timur jadi Desa Tangguh Bencana

Metro-41 hit 14-06-2021 16:21
BPDB Pariaman saat menggelar kegiatan pembentukan desa tangguh bencana untuk kota itu, Senin (14/6). (Dok : Istimewa).
BPDB Pariaman saat menggelar kegiatan pembentukan desa tangguh bencana untuk kota itu, Senin (14/6). (Dok : Istimewa).

Penulis: Arzil

Pariaman, Arunala -- Desa Pauh Timur, Kecamatan Pariaman Tengah, Kota Pariaman diploting sebagai Desa Tangguh Bencana (Destana). Penetapan desa ini sebagai Desa Tangguh Bencana setelah BPBD Pariaman melakukan kegiatan pembentukan desa tangguh bencana untuk kota itu, Senin (14/6).

Dasar BPBD Pariaman membentuk desa tanguh bencana ini beranjak dari keberadaan kota ini yang rawan terhadap bencana, karena berada di pesisir pantai.

"Mengantisipasi risiko tersebut, perlu mengotimalkan peranan dan kesadaran masyarakat terhadap kesiagaan dan kewaspadaan bencana dengan membentuk Desa Tangguh Bencana," ujar Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Pariaman, Azman saat membuka pelatihan pembentukan Desa Tangguh Bencana.

Lebih lanjut Azman mengatakan program Desa Tangguh Bencana, sejatinya telah dimulai sejak 2012 lalu, dan menjadi program prioritas nasional.

"Tujuan dibentuknya Desa Tangguh Bencana ini adalah untuk menciptakan desa yang memiliki kemampuan mengenali ancaman di wilayahnya, dan mampu mengorganisir sumber daya manusianya untuk mengurangi kerentanan dan sekaligus meningkatkan kapasitas mereka dan mandiri dalam mengurangi resiko bencana," tutur Azman.

"Bencana adalah merupakan masalah besar yang memiliki berbagai kompleksitas permasalahan. Bencana memerlukan penanganan yang bersifat komprehensif dengan melibatkan berbagai pihak, terutama partisipasi warga masyarakat sendiri yang peduli terhadap upaya pengurangan risiko," ungkapnya.

"Pelatihan Pembentukan Desa Tangguh Bencana Desa Pauh Timur ini, akan digelar selama 10 hari, dimulai pada 14 Juni - 18 Juni kemudian dilanjutkan kembali pada 28 Juni sampai 2 Juli 2021, dimana materi yang di berikan sangatlah berguna untuk menanggulangi bencana," tukasnya.

Kota Pariaman saat ini mempunyai 8 Desa Tangguh Bencana, yaitu Desa Naras I, Kelurahan Kampung Pondok, Desa Sungai Rambai, Kelurahan Jalan Baru, Kelurahan Pasir Sunur, Desa Kampung Jawa, Desa Cimparuh dan saat ini di Desa Pauh Timur yang sedang kita latih mulai hari ini, ucapnya mengakhiri.

Selain memberikan sambutan, Kalaksa BPBD Kota Pariaman ini juga sekaligus memberikan pelatihan tentang bencana, beserta jajaran BPBD Kota Pariaman lainya.

Kepala Desa Pauh Timur, Ulil Amri mengucapkan terimakasih kepada BPBD Pariaman yang telah menunjuk Desa Pauh Timur menjadi Desa Tangguh Bencana.

"Kami menyambut baik kegiatan ini, dimana Desa Pauh Timur yang berada dekat dengan Pantai, sangat rentan apabila terjadi bencana. Dengan adanya pelatihan ini, kami harap para pemuda dan masyarakat dapat memanfaatkan moment ini untuk menimba ilmu tetang kebencanaan," tukasnya.

Komentar