PUG Butuh Intervensi Pemangku Kebijakan

Metro- 28-06-2021 21:11
Sekko Pariaman, Yota Balad saat menghadiri sosialiasi PUG yang dilaksanakan DP3AKB Pariaman, Senin (28/6). (Dok : Istimewa)
Sekko Pariaman, Yota Balad saat menghadiri sosialiasi PUG yang dilaksanakan DP3AKB Pariaman, Senin (28/6). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Pariaman, Arunala -- Setiap penentu kebijakan yang ada di Kota Pariaman diminta untuk lebih memperhatikan prinsip kesetaraan dan keadilan gender dalam membuat sebuah kebijakan dari instansi atau lembaga yang dipimpinnya.

Hal ini disampaikan Sekko Pariaman, Yota Balad dalam sosialiasi pengarusutamaan gender (PUG)2021 yang diadakan Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungn Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Pariaman di aula Balaikota Pariaman, Senin (28/6).

"Keberadaan PUG harus jadi prioritas di Kota Pariaman, karena disadari hal itu sebagai strategi pembangunan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak, mengingat PUG bertujuan untuk mengintervensi atau mempengaruhi kebijakan dalam pembangunan. Untuk itu diperlukan sebuah alat yang dikenal dengan perencanaan dan penganggaran responsif gender (PPRG)," kata Yota Balad.

Baca Juga

Dia menyebutkan dengan posisi yang dimiliki penentu kebijakan melalui intervensi kebijakan jelas akan memudahkan mengimplementasikan prinsip PUG berjalan.

"Sehingga, tujuannya dalam memastikan seluruh kebijakan, program dan kegiatan telah setara dan adil bagi laki - laki, perempuan, anak, penyandang disabilitas, lansia dan kelompok rentan lainnya terlaksanan," ungkapnya.

Sementara, Kepala DP3AKB Pariaman,Nazifah mengatakan sosialisasi kali ini dilaksanakan sesuia dengan Instruksi Presiden RI Nomor 9 Tahun 2000 tentang pengarusutamaan gender dalam pembangunan nasional.

"Kegiatan ini dilaksanakan bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada stakeholder terkait seperti DPRD, Forkopimda, Kepala OPD, lurah dan kepala desa dilingkungan Pemko Pariaman tentang PUG, bagaimana konsep PUG, menemukan dan mengenali isu - isu gender di OPD, kecamatan, desa dan keurahan serta mampu sebagai agenpenggerak PUG di Kota pariaman," ujar Nazifah.

Komentar