60 Pengrajin Ikut Pelatihan Bordir 3 in 1

Metro- 29-06-2021 14:43
60 Pengrajin Ikut Pelatihan Bordir 3 in 1
60 Pengrajin Ikut Pelatihan Bordir 3 in 1

Penulis: Arzil

60 Pengrajin Ikut Pelatihan Bordir 3 in 1

Pariaman, Arunala - Sebanyak 60 orang pengrajin Desa Padang Birik-Birik, Kecamatan Pariaman Utara, Kota Pariaman, mengikuti diklat bordir tree in one (3 in 1) pembuatan hiasan busana dengan alat jahit tangan sulaman kapalo (kepala) penitidi, halaman kantor desa setempat, Selasa (29/6).

Pelatihan ini dibuka Asisten II Setko Pariaman, Sumiramis itu diselenggarakan Balai Diklat Industri (BDI) Padang kerjasama dengan Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM(Disperindagkop dan UKM) Pariaman.

Baca Juga

"Kota Pariaman merupakan salah satu daerah penghasil kerajinan sulaman dan bordir di Sumbar, sentranya berada di Desa Manggung sampai dengan Desa Padang Birik-birik," kata Sumiramis.

Secara umum, jelasnya, industri bordir dan sulaman di Pariaman telah berkembang, namun untuk kualitas masih kalah saing dengan produk dari daerah lain. Soalnya ada beberapa kelemahan terutama masalah desain dan motif, modal usaha, kemampuan SDM maupun keragaman produk.

"Dengan adanya pelatihan ini, pembuatan hiasan busana dengan alat jahit tangan sulaman kapalo peniti bisa lebih berkembang di Pariaman ini, baik secara desain dan motifnya," ucap Sumiramis.

Tidak itu saja, sambung dia, dengan pelatihan ini juga bisa menumbukan kreativitas dan inovasi produk dari pengrajindan mampu bersiang dengan pelaku usaha lainnya.

Kepala Diskoperindagkop dan UKM Pariaman, Gusniyetti Zaunitmengatakan pelatihan ini merupakan ketujuh kalinya dilaksanakan di Pariaman.

Tujuannya, jelas Gusniyetti, untuk mensukseskan program Pemko Pariaman, dalam hal menciptakan tenaga kerja siap pakaiyang memiliki kompetensi untuk pengembangan industri kerajinan bordir dan Fesyen di kota tersebut.

"Pelatihan ini berlangsung 15 hari, dan selama dipelatihan peserta diharapkan bisa mengikutinya karena di akhir pelatihan akan dipilih tiga terbaik yang mengikuti pelatihan tahap lanjutan," ujarnya.

Asisten II Setko Pariaman, Sumiramis, menyerahkan peralatan sulaman kepada salah seorang peserta pelatihan sulaman, Selasa (29/6). (Dok : Istimewa) 14 43

Komentar