Merdeka Ekspor Jadi Peluang Bagi Kota Pariaman

Metro-159 hit 12-07-2021 22:24
Kepala Balai Karantina Pertanian Kelas I Padang, Iswan Haryanto saat menerangkan kegiatan Merdeka Ekspor yang akan diselenggarakan Agustus mendatang, Senin (12/7). (Dok : Istimewa)
Kepala Balai Karantina Pertanian Kelas I Padang, Iswan Haryanto saat menerangkan kegiatan Merdeka Ekspor yang akan diselenggarakan Agustus mendatang, Senin (12/7). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Pariaman, Arunala -- Wali Kota Pariaman, Genius Umar diundang berpastisipasi dalam pelaksanaan Merdeka Ekspor 2021 yang akan diadakan Kamis (19/8) mendatang di Bali.

Iven Merdeka Ekspor 2021 yang akan dibuka Predisen RI, Joko Widodo (Jokowi) itu direncanakan akan dilaksanakan secara offline.

Undangan bagi Wali Kota Pariaman itu disampaikan Kepala Balai Karantina Pertanian Kelas I Padang, Iswan Haryanto saat menemui Genius Umar, di kawasan Pantai Kata Kota, Senin (12/7).

Baca Juga

"Pelaksanaan Merdeka Ekspor, merupaka program meningkatkan nilai dan komodisi ekspor pertanian yang diinisiasi Kementerian Pertanian menggunakan aplikasi peta potensi komoditas ekspor pertanian atau IMACE (Indonesia Maps of Agricultural Export)," ujar Iswan.

Aplikasi IMACE ini, sebut Iswan, dapat memberikan data dan informasi terkait negara tujuan, pelaku usaha dan informasi terkait persyaratan dan prosedur ekspor, serta sentra komoditas pertanian berorientasi ekspor dari masing-masing daerah, termasuk di dalamnya memuat data lalu lintas perkarantinaan secara waktu nyata atau

real time

.

Menanggapi undangan Merdeka Ekspor itu, Genius Umar menyatakan kesiapannya untuk ikut dan siap mensukseskan program itu.

" Ini langkah baik, dan dengan kegiatan ini jadikan kesempatan bagi Kota Pariaman melakukan ekspor produk dan hasil pertaniannya seperti buah-buahan, kelapa dan sayur-sayuran ke berbagai wilayah, dan juga akan meningkatkan ekonomi masyarakat," kata Genius.

Komentar