Rektor IAIN Bukittinggi Temui Genius Umar

Edukasi- 12-07-2021 15:41
Rektor IAIN (Institut Agama Islam Negeri) Bukittinggi, Ridha Ahida bersama jajarannya menemui Wali Kota Pariaman, Genius Umar, Senin siang (12/7). (Dok : Istimewa)
Rektor IAIN (Institut Agama Islam Negeri) Bukittinggi, Ridha Ahida bersama jajarannya menemui Wali Kota Pariaman, Genius Umar, Senin siang (12/7). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Pariaman, Arunala - Rektor IAIN (Institut Agama Islam Negeri) Bukittinggi, Dr Ridha Ahida, M.Hum bersama rombongan mengunjungi Wali Kota Pariaman, Genius Umar, di ruang kerjanya, Senin siang (12/7).

Kehadiran rombongan untuk bersilaturahmi dan juga membahas rencana kerjasama antara IAIN Bukittinggi dengan Pemko Pariaman.

Penjelasan Ridha Ahida, pihak IAIN Bukittinggi adalah satu-satunya satuan kerja (Satker) pengelolaan keuangan badan layanan umum (PK BLU) untuk kategori IAIN yang ditetapkan berdasarkan PMK Nomor 775/KMK.05/2018.

Baca Juga

"Sebagai Satker BLU IAIN Bukittinggi, memiliki fleksibilitas dan kemandirian dalam pengelolaan keuangan, pelayanan publik dan pengelolaan SDM," tuturnya.

Selain itu, lanjutnya, kampus ini telah memiliki empat program studi umum yang direkomendasikan langsung oleh Kemendikbud di 2009 lalu yaitu program bimbingan konseling, pendidikan matematika, pendidikan bahasa Inggris, serta pendidikan teknik informatika dan komputer.

"Sebagai penyandang prediket B untuk akredetasi institusi, dan prediket A dan B untuk seluruh program studinya, IAIN Bukittinggi juga memiliki tenaga pendidik dan kependidikan yang profesional dengan rasio yang ideal antara jumlah dosen dan mahasiswa. serta fasilitas pendukung perkuliahan berbasis teknologi informasi, seperti perpustakaan, dan laboratorium terpadu," ujar Ridha Ahida didampingi jajarannya.

Sementara, Genius umar menyambut baik silaturahmi dengan IAIN Bukittingi yang saat ini sedang menuju Universitas Islam Negeri dan mendukung penuh hal tersebut.

"Hari ini kami sedang menjajaki kerjasama apa yang bisa dilakukan bersama antara IAIN Bukittinggi dan Pemko Pariaman. Yang pasti kerjasama ini akan bernilai positif bagi dua belah pihak," ujar Genius Umar.

Yang jelas, lanjut Genius, dengan adanya kerjasama itu, maka program Satu keluarga Satu Sarjana (Saga Saja) di Pemko Pariaman bisa terbuka peluangnya di IAIN Bukittinggi.

Dengan begitu, akan makin banyak anak-anak keluarga kurang mampu di kota ini dapat menimba ilmu di kampus itu, juga meningkatkan akhlak dan ilmu agamanya," kata Genius Umar.

Komentar