Tujuh Nama Berebut Posisi Ketua Umum IKA Unand Padang

Metro-593 hit 14-07-2021 19:18
Panitia pelaksana kongres Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Universitas Andalas (Unand) Padang.
Panitia pelaksana kongres Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Universitas Andalas (Unand) Padang.

Penulis: Arzil

Arunala -- Panitia pelaksana kongres Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Universitas Andalas (Unand) Padang, terus berproses hingga hari ini.

Buktinya ketua pelaksana kongres, Insannul Kamil mengatakan, pihak panitia telah melakukan verifikasi administrasi terhadap persyaratan sejumlah bakal calon Ketua umum IKA Unand untuk periode 2021-2025.

"Berdasarkan hasil penjaringan panitia terhadap persyaratan beberapa bakal calon, nyatanya hanya tujuh orang maka kami nyatakan dari sejumlah bakal calon yang akan maju pada menenuhi syarat adalah tujuh orang melengkapi persrayatan ditentukan panitia," ujar Insannul saat jumpa pers di Sekretariat IKA Unand Padang, Jalan Mangunkosgoro, Rabu, (14/7).

Sekretaris pelaksana kongres, Harry Effendi mengatakan, pihaknya melakukan verifikasi diantaranya mulai dari dukungan, kesedian untuk menjadi calon, administrasi, curriculum vitae (CV) dan lainnya.

"Kami telah mengantongi tujuh orang calon Ketua umum IKA Unand yang telah dinyatakan lolos tahap verifikasi," ujar Harry.

Lanjut Harry, lebih kurang tiga minggu panitia melakukan verifikasi, maka dari delapan orang mendaftar, akhirnya yang lolos Cuma tujuh orang.

Dia menyebut, adapun calon ketua umum IKA Unand itu antara lain, Surya Tri Harto yang mendapatkan lima rekomendasi dari pemilik suara (DPP IKA Teknik, FKM, DPD IKA Unand Sumsel dan IKA Unand Babel).

Kemudian ada nama Rustian dapat rekomendasi dari IKA Farmasi, kemudian ada nama Khairul Ikhwan, Imelda Sari, dan Suharman Nurman (IKA Peternakan), selanjutnya ada Denny Azani D Latif yang didukung IKA FH, dan terakhir Novri Andri dukungan dari IKA FE).

"Pasca lolos verifikasi, tahap selanjutnya kami akan lakukan bedah visi dan misi calon ketua umum melalui proses metode hibride offline dan online dari masing-masing delegasi Unand dimanapun berada. Cara ini kami lakukan karena masih kondisi pandemi Covid-19," ujarnya.

Tahap bedah visi dan misi para calon itu, tukas Harry, akan diikuti Fasli Jalal, Dubes RI untuk Vietnam, Deni Afdi. Kemudian Dedi Putra (Jurnalis). Sedangkan tema untuk bedah visi misi itu yakni "Menuju IKA Unand iklusif dan transformatif".

Ditanya berapa banyak jumlah suara yang akan melakukan pemilihan ketua umum IKA Unand dalam kongres nanti? Harry menjawab seluruhnya berjumlah 37 hak pilih, namun ini bisa jadi berubah jumlahnya.

"Selama ini, IKA Unand bukan dibesarkan oleh sosok individu, sebaliknya IKA Unand justru sudah banyak membesarkan sosok individu, sehingga dikenal publik dan bisa berkibar dimana saja dia berada," kata Harry Effendi.

Panitia pelaksana kongres IKA Unand sesuai mengumumkan para calon ketua umum IKA Unand yang lolos tahapan verifikasi berkas, Rabu (14/7). (Dok : Istimewa)

Komentar