Lisa Rizka Amelia Raih Beasiswa Internasional

Metro-46 hit 01-07-2021 14:19
Wali Kota Pariaman, Genius Umar saat menerima Lisa Rizka Amelia di ruang kerjanya, Kamis siang (1/7). (Dok : Istimewa)
Wali Kota Pariaman, Genius Umar saat menerima Lisa Rizka Amelia di ruang kerjanya, Kamis siang (1/7). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Pariaman, Arunala -- Lisa Rizka Amelia asal Kota Pariaman, terpilih mewakili Indonesia di Youth Climate Champion (YCC). Dia mendapatkan beasiswa dari Global Youth Climate Summit 2021, yang didanai oleh pemerintahan Banglades.

Berhasilnya Lisa meraih beasiswa dari Global Youth Climate Summit 2021 itu mendapat apresiasi dari Wali Kota Pariaman, Genius Umar, dan mengundangnya Lisa berkunjung ke ruang kerjanya, Kamis siang (1/7).

Genius Umar menyebutkan, Lisa Rizka Amelia, merupakan warga Desa Bungo Tanjung, Kecamatan Pariaman Timur, Kota Pariaman, yang sukses menjadi satu-satunya wakil dari Indonesia dari 12 pemuda di seluruh dunia, yang masuk dalam program GYCS 2021.

"Selamat buat ananda Lisa Rizka Amelia, yang berhasil mengangkat nama Kota Pariaman, sebagai satu-satunya wakil Indonesia yang lolos dalam kegiatan ini, dan menyisihkan 3.600 pendaftar yang berasal dari 128 negara di enam Benua," ungkap Genius bangga.

Dirinya berharap, beasiswa yang didapat dari proposal Lisa Rizka Amelia ini, bisa dimanfaatkan dengan maksimal dan juga bermanfaat untuk masyarakat sekitar tempat tinggalnya dan juga daerah.

"Semoga Lisa makin sukses lagi, dan bisa mengharumkan nama Kota Pariaman di ajang-ajang selanjutnya, serta akan bermunculan Lisa-Lisa yang lain dari Kota Pariaman, sehingga dapat dikenal sebagai daerah pencetak pemuda yang hebat dari kota ini," ungkap Genius lagi.

Sementara itu, Lisa Rizka Amelia menjelaskan proposal kegiatan yang dibuat ini bertujuan untuk membahas isu lingkungan dan perubahan iklim, serta membuat komitmen yang diciptakan oleh kaum muda, dengan melakukan tindakan yang diperlukan untuk menghindari bencana iklim global, ulasnya.

"Awalnya saya mendaftar secara online pada konferensi ini pada awal Maret 2021, dan setelah melalui tahap seleksi dan pengajuan proposal, Alhamdulillah, Lisa terpilih satu dari 12 orang pemuda di dunia yang berhasil sebagai Youth Climate Champion, dan berhak mendapatkan beasiswa dari BYLC sebesar $1.000 Dolar Amerika (Rp14.475.000, rupiah)," tuturnya.

YCC membawahi sekelompok delegasi muda yang beragam dari seluruh dunia bersama dengan para ahli, inovator, dan pemimpin terkemuka di sektor publik, swasta, dan nirlaba untuk perjalanan eksplorasi kolektif, refleksi, dan jaringan, dalam bersama-sama memerangi pemanasan iklim global dan isu lingkungan.

Perempuan tamatan Teknil Sipil Universitas Andalas (Unand) pada Februari 2021 kemarin ini, juga mengharapkan agar kegiatan yang ia lakukan ini, dapat bekerjasama dengan Pemerintah Kota Pariaman, sehingga dirinya mempunyai kontribusi dalam mengatasi masalah lingkungan di Kota Pariaman.

"Kedepan, agar ProyekTreasure Not Trashdalam bentuk OTG ini, dapat dipakai oleh Pemko, untuk disebarluaskan untuk masyarakat lainya, sehingga kita bersama-sama, dapat mendorong masyarakat ikut andil dalam kesejahteraan ekosistem lingkungan di daerah kita," ucapnya mengakhiri.

Komentar