Pariaman Segera Optimalkan Penerimaan PAD

Ekonomi-55 hit 14-07-2021 14:26
Genius Umar saat pimpin rapat optimalisasi dan evaluasi pemungutan pajak dan restribusi daerah, Rabu (14/7). (Dok : Istimewa)
Genius Umar saat pimpin rapat optimalisasi dan evaluasi pemungutan pajak dan restribusi daerah, Rabu (14/7). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Pariaman, Arunala -- Wali Kota Pariaman Genius Umar, yang didampingi oleh Sekko Yota Balad, dan Asisten I Yaminu Rizal, memimpin rapat optimalisasi dan evaluasi pemungutan pajak dan restribusi daerah, Rabu (14/7).

Rapat yang dilangsungkan ruang rapat wali kota itu juga dihadiri sejumlah kepala OPD di pemko tersebut dan juga instansi vertikal seperti Kajari, Dandim, Kapolres, Perwakilkan dari Lantamal II Telur Bayur, KSOP Teluk Bayur atas partisipasinya dalam rapat ini.

"Pajak daerah merupakan salah satu sumber PAD yang penting bagi peningkatan kemampuan keuangan daerah guna membiayai penyelenggaraan pemerintahan daerah dan pelayanan umum. Untuk itu perlu dilakukan upaya optimalisasi penerimaan pajak melalui sistem pemungutan yang sederhana dan efisien," kata Genius Umar.

Baca Juga

Jadi, lanjut Genius, salah satu cara untuk mencapai potensi pajak daerah adalah dengan cara mengoptimalkan penerimaan pajak sesuai potensi daerah, yaitu melalui pemutakhiran atau validasi data pajak daerah.

Validasi data pajak daerah ini, terangnya, dapat dilakukan dengan pengecekan di lapangan secara bertahap apakah data wajib pajak masih sama atau sudah berubah.

"Jika terdapat perubahan perlu penyesuaian pada basis data tersebut," jelas Genius Umar.

Dia juga meminta seluruh OPD terkait dengan pajak dan retribusi bisa bekerja secara optimal kedepannya, sehingga langkah kita untuk mengoptimalisasi PAD ini bisa dilakukan.

"Kalau melihat kondisinya pajak kita rata-rata masih berada dibawah 50 persen, dan ini memang perlu adanya peningkatan dari masing-masing OPD," kata Genius Umar.

Komentar