Mabes Polri Tangkap Peretas Situs Setkab di Sumbar

Metro-333 hit 08-08-2021 16:54
Ilustrasi peretas web site. (Dok : Istimewa)
Ilustrasi peretas web site. (Dok : Istimewa)

Penulis: Darizon Y

Arunala.com - Direktorat Tindak Pidana Siber Badan Reserse Kriminal Polri (Siber Mabes Polri) menangkap dua orang remaja di wilayah hukum Sumbar diduga melakukan peretas situs Sekretariat Kabinet, setkab.go.id.

"Benar ada penangkapan, tapi melakukan tim Siber Mabes Polri," kata Kabid Humas Polda Sumbar, Kombes Pol Stefanus Satake Bayu Setianto saat dihubungi media, di Padang,Minggu (8/8).

Menurut dia, Polda Sumbar hanya membantu Tim Siber Mabes Polri dalam melakukan penangkapan dua orang pelaku diduga meretas situs Setkab.

Tim Siber menangkap dua orang tersebut di wilayah Sumbar yakni Kota Padang pada Kamis (5/8), dan Dharmasraya pada Jumat (6/8).

Kedua pelaku sudah dibawa ke Mabes Polri untuk dilakukan penyelidikan dan pengembangan.

Berdasarkan data dihimpun menyebutkan, Tim Siber Mabes Polri menangkap salah seorang warga Padang inisial "BS" (17) pada Kamis (5/8). Dari pengembangan dilakukan penangkap tersangka inisial "MLA" (18) pada Jumat (6/8).

Sebelumnya diberitakan, laman resmi (website) Sekretariat Kabinet, setkab.go.id diretas pada Sabtu (31/7). Laman Sekretariat Presiden menampilkan layar hitam dengan foto yang menampilkan demonstran membawa bendera merah putih.

Di bawahnya tertulis keterangan, "Padang Blackhat ll Anon Illusion Team Pwned By Zyy Ft Luthfifake". Dalam laman yang diretas tersebut juga tertulis kalimat sebagai berikut: "Kekacauan Dimana Mana, Indonesia Sedang Tidak Baik Baik Saja. Rakyat Harus Dirumah Tanpa Ada Dispensasi dan Kompensasi Apapun Yang Membuat Rakyat Indonesia Merasa Stress Dan Depresi. Penguasa Menikmati Dunia nya Sendiri Dengan Gaji Yang Mengalir Tiap Hari. Dimana Keadilan Di Negara Ini?" "Pancasila! 1. Ketuhanan Yang Maha Esa 2 Sampai 5 Tidak Ada Perubahan Padang Blackhat".

Hingga sekarang ini laman resmi (website) Sekretariat Kabinet, setkab.go.id belum data di akses.

Komentar