Pemko Pariaman Gelar Peringatan HUT RI

Metro-84 hit 09-08-2021 17:09
Asisten I Setko Pariaman, Yaminurizal saat memimpin rapat persiapan upacara HUT RI, di ruang rapat wali kota, Senin (9/8). (Dok : Istimewa)
Asisten I Setko Pariaman, Yaminurizal saat memimpin rapat persiapan upacara HUT RI, di ruang rapat wali kota, Senin (9/8). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Pariaman, Arunala -- Memperingati HUT RI ke 76 tahun ini, Pemko Pariaman akan melaksanakan upacara bendera bertempat di halaman balaikota setempat.

Kepastian akan diadakan upacara bendera sambut HUT RI di kota itu, disampaikan Asisten I, Yaminurizal saat rapat persiapan upacara HUT RI, di ruang rapat wali kota, Senin (9/8).

"Untuk pelaksanaa upacaranya disesuaikan dengan Asesmen Level yang ada di tingkat provinsi, dan kabupaten kota, mengingat masih dengan situasi pandemi Covid-19," ujar Yaminurizal.

Baca Juga

Untuk Kota Pariaman sendiri, sebutnya, karena masih berada di Asesmen Level 3, maka menyelenggarakan dilaksanakan secara terbatas, hanya diikuti oleh personel upacara dari unsur TNI, Polri, Pol PP dan perwakilan ASN.

Dia menerangkan, kegiatan akan dimulai dari tanggal 16 Agustus, dengan mendengarkan Pidato Presiden RI pada sidang tahunan MPR RI, dan sidang bersama DPR RI dan DPD RI tahun 2021.

Kemudian dilanjutkan dengan Pidato Presiden dalam rangka penyampaian RUU APBN TA 2022 dan Nota Keuangan pada Rapat Paripurna pembukaan masa sidang 1 DPR RI tahun sidang 2021-2022, secara virtual dan malamnya mengadakan Apel Kehormatan dan Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan.

Untuk hari puncaknya, dia menambahkan, yakni tanggal 17 Agustus akan dilaksanakan upacara pengibaran bendera Merah Putih di halaman Balaikota Pariaman pukul 7.30 WIB, dilanjutkan upacara detik-detik Kemerdekaan RI dari Istana Negara pada pukul 10.05 WIB secara virtual juga. Setelah itu pertemuan dengan para veteran dan purnawirawan di aula balaikota.

"Selanjutnya kepala daerah dan rombongan Forkopimda akan meluncur ke Lapas Kelas IIB Pariaman, untuk mengikuti pemberian Remisi secara serentak oleh Mentri Hukum dan HAM pukul 12.30 secara virtual, dan dilanjutkan pemberian remisi oleh bapak Walikota kepada wrga binaan yang mendapat remisi," ungkapnya.

Setelah pemberian Remisi, acara akan dilanjutkan dengan upacara penurunan bendera secara virtual dan kita baru mengadakan upacara penurunan bendera setelahnya.

"Untuk malam harinya, rencana akan diadakan malam resepsi, tetapi menunggu persetujuan dari pimpinan," tutup Yaminurizal.

Komentar