Masuk Nominasi, Pokdarwis Apar Mandiri Dinilai Tim Provinsi

Metro-79 hit 26-08-2021 19:04
Tim verifikasi dan visitasi apresiasi Pokdarwis Sumbar didampingi Wali Kota Pariaman, Genius Umar saat meninjau kawasan wisata mangrove Desa Apar Kecamatan Pariaman Utara, Kamis siang (26/8). (Dok : Istimewa)
Tim verifikasi dan visitasi apresiasi Pokdarwis Sumbar didampingi Wali Kota Pariaman, Genius Umar saat meninjau kawasan wisata mangrove Desa Apar Kecamatan Pariaman Utara, Kamis siang (26/8). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Pariaman, Arunala -- Keberadaan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Apar Mandiri, Kota Pariaman dinilai tim verifikasi dan visitasi apresiasi Pokdarwis Sumbar, Kamis siang (26/8).

Kehadiran tim dari Sumbar ini disambut langsung Wali Kota Pariaman, Genius Umar bersama anggota Pokdarwis Apar Mandiri itu di kawasan wisata mangrove Desa Apar Kecamatan Pariaman Utara.

"Kedatangan kami (tim verifikasi, red) ke Desa Apar, karena Pokdarwis desa ini masuk nominasi pada lomba apresiasi Pokdarwis Sumbar 2021. Sebab itu, hari ini (Kamis, red) kami mulai lakukan penilaian sampai Jumat besok," ujar Ketua tim verivikasi dan visitasi apresiasi Pokdarwis Sumbar, Joni Mardianto saat itu.

Baca Juga

Penilaian yang dilakukan tim, sebut Joni, diawali dengan mendengarkan presentasi dari pengurus Pokdarwis Apar Mandiri, dilanjutkan dengan verifikasi, diskusi dan wawancara Pokdarwis dengan tim penilai.

"Setelah semua selesai nanti kami akan lakukan visitasi/kunjungan lapangan," ungkapnya.

Dia menerangkan, dalam penilaian nanti ada beberapa indikator antara lain, eksistensikelembagaan, pengaruh Pokdarwis terhadap ekonomi dan lingkungan, inisiatif dan kreativitas dalam mengaplikasikan nilai-nilai sapta pesona, penerapan CHSE (cleanliness/kebersihan, health/kesehatan, safety/keamanan, dan environment/Ramah lingkungan), dan kerjasama dengan stakeholder atau keterlibatan mitra kerja.

"Penilaian akan kami lakukan selama dua hari, yakni Kamis- Jumat (26-27/8). Ada 38 aspek yang akan kami nilai nantinya dari beberapa indikator tersebut, mulai dari legalitas, AD/ART, kepengurusan, program kerja, SOP, pelaporan keuangan, profil kelompok, data kunjungan wisata, dan beberapa aspek lainnya," tukas Joni.

Dia melanjutkan, apabila semua indikator terlaksana selama ini dengan baik, Pokdarwis Apar Mandiri Kota Pariaman bisa menjadi yang terbaik nantinya.

"Dengan adanya penilaian ini, tidak hanya menilai mengenai unsur-unsur administrasi, kegiatan Sumber Daya Manusia (SDM), serta kegiatan fisik, namun bagaimana pokdarwis dapat meningkatkan kemampuannya dalam menunjang kunjungan wisatawan ke desa Apar sehingga berpengaruh terhadap perekonomian masyarakat setempat," kata Joni Mardianto.

Komentar