PKK Pariaman Ikut Acara Marandang se-Dunia

Metro-33 hit 19-08-2021 11:35
Ketua Tim PKK Pariaman, Lucyanel Genius Umar bersama pengurus menyatakan siak ikuti festival acara Marandang se-Dunia, Kamis (19/8). (Dok : Istimewa)
Ketua Tim PKK Pariaman, Lucyanel Genius Umar bersama pengurus menyatakan siak ikuti festival acara Marandang se-Dunia, Kamis (19/8). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Pariaman, Arunala -- Masakan atau kuliner khar ranah minang yakni Randang (Rendang), adalah salah satu makanan tradisional yang sangat terkenal ke seantero penjuru nusantara dan dunia.

Terkait hal tersebut secara mendadak Ketua Tim Penggerak PKK Kota Pariaman, Lucyanel Genius Umar langsung menggelar rapat dengan pengurus PKK kota, PKKkecamatan, dan OPD terkait untuk menyiapkan acara Marandang se-Dunia yang akan diadakan Pemprov Sumbar dalam waktu dekat.

"Marandang sedunia ini akan diadakan pada Sabtu (21/8) secara virtual melalui zoom meeting. Karena Kota Pariaman juga terkenal dengan rendangnya yang sangat lezat, maka kami memutuskan untuk mengikuti lomba tersebut," ujar Lucyanel di Sekretariat PKK Kota Pariaman, Kamis (19/8).

Baca Juga

Lucyanel mengatakan, kegiatan memasak rendang se-dunia ini diadakan oleh Pemprov Sumbar dengan tujuan, untuk mendaftarkan Rendang sebagai "Warisan Budaya Dunia Dari Sumatera Barat, Indonesia ke UNESCO", dan gerakan memasak rendang bersama ini akan dibuka langsung secara virtual oleh Ibu Negara Ny Iriana Joko Widodo.

Selain diikuti oleh seluruh Kabupaten/Kota yang ada di Sumatera Barat, kegiatan ini juga diikuti secara virtual oleh 34 Provinsi yang ada di Indonesia dan perwakilan dari 5 Benua yaitu, Benua Amerika, Benua ASIA, Benua Afrika, Benua Eropa, dan Benua Australia.

Ketua TP PKK Kota Pariaman ini juga mengungkapkan, bahwa pada tahun 2011 rendang sudah dinobatkan sebagai hidangan yang menduduki peringkat pertama daftar World's 50 Most Delicious Foods (50 Hidangan Terlezat Dunia) versi CNN International.

Pada tahun 2013 rendang ditetapkan sebagai "Warisan Budaya Tak Benda Indonesia (WBTBI) dari Provinsi Sumatera Barat, dan pada tahun 2018, rendang secara resmi ditetapkan sebagai salah satu dari lima hidangan nasional Indonesia.

"Rencananya acara memasak rendang se-dunia ini akan digelar di Rumah Tabuik Pasa, Kelurahan Karan Aur Kecamatan Pariaman Tengah Kota Pariaman. Pesertanya dari TP PKK Kota dan TP PKK Kecamatan yang ada di Kota Pariaman, dan disiarkan langsung secara zoom meeting", tegas Lucyanel.

Komentar