SMMD Pariaman Incar Predikat Juara

Metro-186 hit 07-09-2021 14:34
Penampilan anggota Sanggar Mustika Minang Duo dalam ajang festival Randai se Sumbar 2021, di pentas Taman Budaya Padang, Selasa (7/9). (Dok : Istimewa)
Penampilan anggota Sanggar Mustika Minang Duo dalam ajang festival Randai se Sumbar 2021, di pentas Taman Budaya Padang, Selasa (7/9). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Pariaman, Arunala -- Sanggar Mustika Minang Duo (SMMD) jadi wakil Kota Pariaman, yang tampil dalam ajang festival Randai se Sumbar 2021, yang digelar Dinas Kebudayaan Sumbar, di pentas Taman Budaya Padang, Selasa (7/9).

Festival yang dimulai Selasa (7/9) hingga Kamis (9/9) itu diikuti sebanyak 18 grup Randai yang ada di sejumlah kabupaten kota di Sumbar. Dan gruo Randai SMMD tampil perdana seusai dibuka Kepala Dinas Kebudayaan Sumbar, Gemala Ranti hari Selasa itu.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Pariaman, Dwi Marhen Yono mengaku keikutsertaa SMMD dalam ajang festival Randai itu untuk mewakili Kota Pariaman.

Baca Juga

"Sanggar Mustika Minang Duo (SMMD) ini adalah sanggar seni tradisional yang ada di Kota Pariaman, dan sudah berdiri sejak 2010 lalu. Sanggar ini telah banyak mengikuti berbagai kejuaraan baik tingkat Sumbar hingga nasional," ujar Dwi Marhen Yono.

Sanggar yang diketuai Eka Fitria, lanjutnya, sangat aktif di bidang kesenian dalam menggali, mengembangkan, dan melestarikan kesenian tradisional Minangkabau, tari-tari kreasi yang berasal dari seni tradisi yang berada di Kota Pariaman,

Dwi Marhen Yono menyebutkan, adapun iven seni tradisional yang diadakan Dinas Kebudayaan Sumbar itu, sebagai upaya melestarikan tradisi randai sebagai kesenian khas Minangkabau dan ini akan jadi nilai jual bagi wisatawan ketika menyaksikanya.

Marhen juga menyampaikan dalam penampilannya SMMD mengangkat tema tentang Siti Baheram yang dibunuh oleh pemuda yang tidak mendengarkan pituah mande (ibu, red).

"Penampilan SMMD sangat kompak, menarik dan mempesona semua juri dan undangan hampir selama 60 menit penampilanya, kami berharap SMMD dapat meraih juara pada festival Randai kali ini," tuturnya.

Terpisah, Wali Kota Pariaman, Genius Umar juga memberikan dukungan penuh kepada SMMD, dan berharap sanggar ini dapat membawa pulang kemenangan ke Kota Tabuik.

Komentar