41 Napi Meninggal Dunia, Sejumlah Lainnya Luka Bakar

Metro-79 hit 08-09-2021 19:10
Petugas pemadam kebakaran berusaha memadamkan api pada peristiwa kebakaran di Lapas Kelas I Tangerang pada Rabu dini hari (8/9). (Dok : Istimewa)
Petugas pemadam kebakaran berusaha memadamkan api pada peristiwa kebakaran di Lapas Kelas I Tangerang pada Rabu dini hari (8/9). (Dok : Istimewa)

Penulis: Darizon Y

Jakarta, Arunala - Sebanyak 41 orang narapidana (Napi) penghuni Lembaga pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Tangerang meninggal dunia dalam peristiwa kebakaran di Lapas tersebut, Rabu dini hari (8/9) sekitar pukul 02.00 WIB. Kabar adanya kebakaran di Lapas Kelas I Tangerang, Banten itu disampaikan Kabag Humas pada Biro Humas, Hukum dan Kerja Sama Kemenkumham, Tubagus Erif Faturahman ketika dihubungi media, Rabu (8/9). "Dalam kebakaran itu mengakibat 41 orang meninggal dunia dalam peristiwa tersebut," kata Tubagus Erif Faturahman. Menurut dia, selain ada korban meninggal dunia, ada korban luka bakar dalam peristiwa kebakaran tersebut. "Luka bakar ringan saat peristiwa ada beberapa orang, sekarang ini tinggal sembilan orang menjalani perawatan di klinik Lapas Kelas I Tangerang, sedangkan delapan orang alami luka bakar berat di bawa ke RSUD Tangerang," sebut dia. Blok terbakar berada di Blok C 2 Lapas Kelas I Tangerang. Penguhini lapas ada sekitar 2.000 orang. Dia menambahkan, napi selamat dari peristiwa tersebut sudah dipindahkan ke sel tahanan lainnya. "Napi menghuni blok C 2 sudah dievakuasi ke sel tahanan lainnya.Peristiwa kebakaran ini masih dalam penyelidikan pihak kepolisian," imbuh dia. Sementara itu Kabag Humas Ditjen Lapas Kementerian Hukum dan HAM, Rika Aprianti saat dihubungi media juga membenarkan terjadi peristiwa kebakaran pada Rabu (8/9) dini hari di Blok C, Lapas Klas I Tangerang. "Dalam peristiwa tersebut 41 orang meninggal dunia, 8 orang alami luka bakar berat dan beberapa orang luka bakar ringan,"kata dia. Blok C berisi warga binaan dengan kasus narkoba, yang jumlahnya ada 122 warga. Sementara penjagaan ada 15 orang per regu Peristiwa kebakaran ini masih dalam penyelidikan pihak kepolisian. "Saat ini, sisa warga binaan Lapas Klas I sudah dievakuasi ke lokasi yang aman," ucap dia. (*)

Komentar